Reshuffle dan Harapan 2021

Senin, 28 Desember 2020 - 17:59 WIB
loading...
A A A
Berikutnya adalah sektor perdagangan, fokus utama menteri perdagangan yang baru adalah mengatasi defisit neraca dagang dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri Indonesia sehingga berkorelasi dengan sektor ekonomi domestik dan peningkatan pendapatan masyarakat. Artinya, keseimbangan ekspor dan impor harus menjadi agenda utama menteri perdagangan yang baru.

Indonesia sebagai negara agraris dan maritim yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah juga perlu memperkuat aspek maritim, khususnya di sektor kelautan dan perikanan. Demikian juga di sektor pertanian.

Sektor hukum nampaknya juga menjadi harapan banyak masyarakat untuk diperbaiki, baik dalam aspek materiil (perundang-undangan) maupun pada aspek formal (penegakan hukum). Persoalan hukum, dan kepastian hukum banyak menghambat investasi yang diharapkan akan memperbaiki kesejahteraan masyarakat. Demikian juga masyarakat mengharapkan penegakan hukum yang tidak transaksional, menghapus stigma hukum tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Mill (1994), menguraikan bahwa sebaik-baiknya hukum adalah hukum yang membawa kebahagiaan bagi sebanyak mungkin masyarakat. Hal inilah yang perlu menjadi agenda wakil menteri hukum dan ham yang baru dilantik, selain mengawal pembentukan berbagai aturan turunan dari omnibus law Cipta Kerja.

Terakhir adalah persoalan pluralisme dan separatisme yang menggerogoti NKRI. Agenda utama dari menteri agama yang baru adalah mengawal pluralisme sehingga bhineka tunggal ika bukan saja menjadi retorika tetapi betul-betul mengejawantah dalam kehidupan masyarakat. Demikian juga agenda utama dari wakil menteri pertahanan yang baru adalah memperkuat teritorial Indonesia dan menjaga NKRI dari gangguan eksternal maupun internal seperti separatisme.
(bmm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)