Terungkap! Teroris JI Habiskan Rp300 Juta untuk Berangkatkan Anggotanya ke Suriah

Senin, 28 Desember 2020 - 16:04 WIB
loading...
Terungkap! Teroris JI Habiskan Rp300 Juta untuk Berangkatkan Anggotanya ke Suriah
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono memberikan keterangan seputar kelompok jaringan teroris Jamaah Islamiyah, Senin (28/12/2020). Foto Sindonews
A A A
JAKARTA - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkapkan bahwa kelompok terorisme Jamaah Islamiyah (JI) mengeluarkan dana Rp65 juta untuk sekali menggelar pelatihan bela diri dan merakit bom untuk anggotanya.

Hal tersebut diketahui dari pengakuan salah satu Pelatih kelompok JI yakni Joko Priyono alias Karso yang saat ini berstatus narapidana.

(Baca Juga: Densus 88 Bongkar Markas Latihan Kelompok Jamaah Islamiyah di Semarang)

"Kami sudah menanyakan kepada pelatih tersangka Karso tiap bulan itu mereka mengeluarkan anggaran untuk pelatihan sebesar Rp65 juta," kata Argo dalam jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Senin (28/12/2020).

Menurut Argo, biaya puluhan juta itu diperuntukan untuk menyiapkan segala sesuatu bersifat teknis dalam pelatihan anggota Jamaah Islamiah tersebut. "Dana itu untuk bayar pelatih, kebutuhan makan selama pelatihan dan ada juga beli obat-obatan," ujar Argo.

(Baca Juga: 95 Jebolan Santri Dilatih Merakit Bom dan Ahli Tempur Lalu Dikirim ke Suriah)

Dalam sekali pelatihan, kata Argo, kelompok JI akan menghabiskan waktu selama enam bulan untuk melatih satu angkatan. Usai mendapatkan pelatihan, jebolan JI itu akan diberangkatkan ke Suriah.

"Untuk berangkat ke Suriah mereka butuh sekitar Rp300 juta, 10 sampai 15 orang. Uangnya dari mana, dari iuran anggota. Total ada 6.000 anggota, kalau peranggota nyumbang Rp100.000x6.000 sudah Rp600juta," ungkap Argo.

(Baca Juga: Mengapa Ledakan Hebat di Nashville AS Tak Dinyatakan Aksi Teroris?)

Di Suriah para mujahid muda ini bergabung dengan organisasi teroris berafiliasi dengan Al-Qaeda untuk melanjutkan apa pelatihan militer.
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)