Membangun Daerah Secara Berkelanjutan

Kamis, 10 Desember 2020 - 21:24 WIB
loading...
A A A
Oleh karena itu, tata kelola industri yang ramah lingkungan mesti disusun rigid dan aplikatif agar tidak mencemari lingkungan serta mencemaskan warga. Seperti yang dijelaskan oleh Jared Diamond dalam bukunya bertajuk Collapse (2014) dia mengingatkan kita bahwa salah satu faktor yang menyebabkan runtuhnya peradaban yang telah dibangun manusia adalah kerusakan lingkungan. Jangan sampai sebuah daerah berjalan sempoyongan di antara kerusakan lingkungan yang berjalan cepat dan upaya pemulihan lingkungan. Dinamit pemicu keruntuhan harus segera dijinakan melalui kerja pembangunan yang berorientasi pada kelestarian sumber daya dan pertumbuhan ekonomi.

Selanjutnya, sektor pertanian, kehutanan dan perikanan sejak 2015 sampai 2018 turut mendominasi penciptaan nilai tambah yang signifikan terhadap Morowali Utara, kemudian pada2019 disusul oleh sektor pertambangan dan penggalian sebesar 4,284,692 juta rupiah (BPS, 2020).

Harmonisasi ke dua sektor unggulan tersebut dalam mendukung pertumbuhan ekonomi perlu diturunkan dalam bentuk program yang jelas. Peningkatan kapasitas masyarakat, penerapan prinsip smart (sustainable, market oriented, thematic) dalam tata kelola sumber daya, good agriculture practices (GAP) dalam mengorkestrasi potensi sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan bisa dijalankan. Petani, nelayan, dan pelaku ekonomi lainnya diarahkan untuk memproduksi produk olahan agar memiliki value added yang secara ekonomi lebih menguntungkan, bila dibandingkan dengan menjual bahan mentah (raw material).

Kemudian, pengelolaan sumber daya perikanan memerlukan keterlibatan multi-sektoral dan multi-pemangku kepentingan untuk dapat diimplementasikan secara optimal. Konsep Sustainable Blue Economy (SBE), sebagai konsep pemanfaatan sumber daya laut untuk pertumbuhan sosial ekonomi yang berfokus pada keberlanjutan laut. Upaya kolaboratif ini diperkuat oleh ketentuan pro-poor, pro-job, dan pro-environment sebagai landasan untuk mencapai pembangunan sektor perikanan yang berkelanjutan. Seluruh gagasan segar ini pasti dinantikan untuk terwujud oleh seluruh lapisan masyarakat. Semoga.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0869 seconds (0.1#10.140)