Jelang Lulus Kuliah, Sandiaga Harap Milenial Ikut Program Kartu Prakerja

Rabu, 09 Desember 2020 - 20:03 WIB
loading...
Jelang Lulus Kuliah, Sandiaga Harap Milenial Ikut Program Kartu Prakerja
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno, menyarankan mahasiswa semester akhir atau menjelang lulus kuliah dapat memantapkan rencana. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sekaligus Pengusaha Nasional, Sandiaga Salahuddin Uno, menyarankan agar mahasiswa semester akhir atau menjelang lulus kuliah dapat memantapkan rencana dan persiapan guna menjadi pengusaha sukses.

(Baca juga: Dukung Pemberdayaan Masyarakat, Sandiaga Uno Bagikan 200 Budikdamber)

Menurutnya, generasi milenial dan generasi Z harus bisa mohat peluang-peluang ushaa yang ada di sekitar. Misalnya peluang di bidang pangan, di bidang kriya, di bidang kuliner, hingga peluang di bidang fesyen.

(Baca juga: Perpres Kartu Prakerja Terbit, Atur Ancaman Pidana Pemalsu Identitas)

Kemudian, Pendiri PT Samala Serasi Unggul (Rumah Siap Kerja) itu menganjurkan, generasi milenial dan generasi Z yang sedang memasuki masa akhir kuliah dapat bergabung di Rumah Siap Kerja.

"Nantinya, anak-anak mahasiswa tingkat akhir tersebut diarahkan untuk mengikuti program Kartu Prakerja. Program tersebut didapatkan secara gratis," kata Sandiaga melalui keterangan persnya, Rabu (9/12/2020).

Di program Kartu Prakerja, para milenial dan Gen Z tersebut akan mendapatkan pelatihan dan insentif sebesar Rp600 ribu per bulan hingga Juni 2021. Dana tersebut nantinya bisa juga digunakan untuk modal usaha.

Selain itu, mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia berjanji bakal turun tangan langsung untuk memberikan pelatihan. Namun demikian, Sandiaga menegaskan, fasilitas-fasilitas yang diberikan di Rumah Siap Kerja bisa didapatkan jika para milenial memiliki prasyaratnya.

"Dan mudah-mudahan jika ada kesempatan, saya akan dampingi secara langsung," ucapnya.

Berdasarkan riset terakhir, 55% dari kaum milenial dan Gen Z ingin memiliki usaha sendiri dan mandiri secara keuangan. Riset tersebut menunjukkan bahwa setelah lulus kuliah, milenial dan Gen Z bukan mencari lapangan pekerjaan, tapi justru menciptakan lapangan kerja.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)