Gugus Tugas: Masyarakat Punya Harapan untuk Hidup Kembali Normal

Selasa, 12 Mei 2020 - 15:15 WIB
loading...
Gugus Tugas: Masyarakat Punya Harapan untuk Hidup Kembali Normal
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menegaskan masyarakat mempunyai harapan besar untuk hidup kembali normal. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menegaskan masyarakat mempunyai harapan besar untuk hidup kembali normal. Asalkan dengan syarat yakni memenuhi protokol kesehatan yang telat ditetapkan pemerintah dalam rangka pencegahan COVID-19.

“Selama kita semuanya bisa menjaga protokol kesehatan dijalankan dengan baik, sebenarnya masyarakat punya harapan besar sebenarnya untuk kembali normal. Tapi asal syaratnya harus dipenuhi,” ujar Wiku di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa (12/5/2020). (Baca juga: Jokowi Sebut Ada Daerah Tak PSBB, tapi Berhasil Tangani Corona )

Masyarakat, kata Wiku, juga tetap bisa beraktivitas seperti biasa di sektor usaha ekonomi yang diperbolehkan. Bidang tersebut yaitu bidang kesehatan, bidang bahan pangan makanan dan minuman, energi, komunikasi teknologi, keuangan, logistik, konstruksi, industri strategis, pelayanan dan utilitas publik.

Serta industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional atau objek tertentu dan sektor swasta yang melayani kebutuhan sehari-hari. “Sebenarnya tidak berarti kita tidak bisa beraktivitas. Jadi ada beberapa sektor aktivitas ekonomi yang bisa dijalankan oleh masyarakat,” jelas Wiku.

Wiku pun mengatakan masyarakat harus legowo dan menerima bahwa saat ini hidup bersama virus COVID-19. “Memang kita harus secara prinsip kita harus legowo, kita harus menerima bahwa memang sekarang ini kita harus hidup bersama dengan virus ini.” ( )

Dia pun optimis vaksin virus COVID-19 ini segera ditemukan sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas secara normal. “Dan semoga kita semuanya di dunia bisa mendapatkan vaksinnya. Sehingga kita bisa menangani atau mengalahkan virus ini kalau ketemu vaksinnya. Tapi kita harus berpikiran positif karena Indonesia ini punya kapasitas yang besar dan gotong royong dan marilah kita gotong royong untuk merubah perilaku bersama,” tegas Wiku.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)