Jokowi Sebut Ada Daerah Tak PSBB, tapi Berhasil Tangani Corona

Selasa, 12 Mei 2020 - 12:39 WIB
loading...
Jokowi Sebut Ada Daerah Tak PSBB, tapi Berhasil Tangani Corona
Petugas gabungan menghalau pengendara sepeda motor yang melanggar saat razia Check Point PSBB di Jalan Raya Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu 10 Mei 2020. Foto/SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengungkapkan hingga kini ada empat provinsi dan 72 kabupaten/kota telah melaksanakan pembatasan sosial bersakala besar (PSBB) .

Kendati demikian, Jokowi mengakui ada daerah yang tidak melaksanakan PSBB tapi berhasil menangani virus Corona (Covid-19). “Provinsi, kota/kabupaten yang belum melaksanakan PSBB tetapi memakai cara yang lain yang saya lihat juga ada yang berhasil,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas, Selasa (12/3/2020).

Dia meminta agar ada evaluasi detail mengenai tren kasus Corona di setiap daerah. Dalam hal ini evaluasi bagi daerah yang menerapkan PSBB atau tidak.

“Kita ingin ada sebuah evaluasi yang detail pada provinsi, kabupaten, dan kota mengenai data tren penambahan atau penurunan kasus positif (Corona-red) baru di setiap daerah. Baik yang menerapkan PSBB maupun tidak,” ungkapnya.( )

Jokowi menyebut saat ini dari 10 provinsi dengan kasus positif terbanyak, hanya beberapa provinsi yang menerapkan PSBB antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Barat. Sementara sisanya tidak menerapkan PSBB tapi memberlakukan protokol kesehatan secara ketat dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

“Oleh sebab itu, harus diperbandingkan yang PSBB maupun yang non-PSBB. Karena memang ada inovasi-inovasi di lapangan dengan menerapkan model kebijakan pembatasan kegiatan di masyarakat disesuaikan dengan konteks di daerah masing-masing,” tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)