Pemerintahan ULMWP di Bumi Papua Upaya Makar

Jum'at, 04 Desember 2020 - 09:02 WIB
loading...
A A A
Azis juga menegaskan Papua merupakan bagian dari Hindia-Belanda yang juga turut dimerdekakan pada 17 Agustus 1945 oleh para founding father dan pejuang bangsa. Ia pun berharap peran aktif pemerintah pusat dan daerah berikut TNI-Polri untuk bisa menjaga situasi kondusif di Papua. "Sesuai dengan asas uti possidentis juris, Papua adalah bagian dari NKRI. Mari sama-sama ciptakan kedamaian di tanah Papua," sebutnya.

Sikap Pemerintah Dikritik

Sementara itu Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Demokrat Irwan mengkritik pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin yang belum juga bersikap tegas atas Gerakan Persatuan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP) pimpinan Benny Wenda. Legislator asal Kalimantan Timur (Kaltim) itu mendesak pemerintah untuk segera menghentikan aksi provokasi tersebut agar masyarakat Indonesia, khususnya Papua Barat, bisa hidup tenang dan damai tanpa isu-isu liar yang mengancam disintegrasi bangsa.

"Saya menyayangkan sikap Presiden yang belum merespons langsung deklarasi tersebut dengan pernyataan dan tindakan yang tegas guna menegakkan kedaulatan NKRI," kata Irwan kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, kemarin. (Baca juga: Sri Mulyani Geber Aparat Pajak untuk Dongkrak Penerimaan)

Ia juga menegaskan dalam upaya meredam konflik di Papua yang tak kunjung berkesudahan, pemerintah sudah seharusnya melakukan pemerataan dan percepatan pembangunan serta menjamin penuh kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. "Kemajuan dan kesejahteraan yang berkeadilan merupakan jalan persatuan bangsa ini. Itulah sejatinya perwujudan dari nilai-nilai Pancasila," ucapnya.

Di tempat terpisah, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono memastikan akan menindak tegas siapapun, baik itu individu maupun kelompok yang mengikuti jejak pimpinan ULMWP yang hendak memisahkan diri dari Indonesia. Ia juga menegaskan, Polri bersama TNI akan selalu siap sedia menangkal segala bentuk gangguan yang mengancam kedaulatan Indonesia. Oleh karena itu, keberadaan aparat keamanan di Papua semata-mata untuk menjaga Papua agar tidak terlepas dari NKRI.

"Menyikapi deklarasi Benny Wenda melalui twitter, saya ingin menyampaikan bahwa siapapun, dan dari kelompok manapun yang mengikuti daripada Benny Wenda untuk memisahkan diri dari NKRI, akan kita tindak tegas. Kita tidak pandang bulu," tegas Gatot saat menyampaikan pernyataan sikap resmi pemerintah bersama Menko Polhukam Mahfud MD di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, kemarin.

Setidaknya ada dua alasan mengapa pihaknya akan melakukan tindakan tegas. Pertama, sebagai tindakan nyata dan bukti bahwasanya Papua adalah bagian penting dari Indonesia. Dan kedua menunjukkan bahwa Indonesia negara hukum. (Lihat videonya: Usai Imunisasi, Seorang Balita di Tulang Bawang Meninggal Dunia)

"Negara kita adalah negara hukum dan Papua adalah Indonesia. Setiap terjadi gangguan keamanan itu sudah kewajiban dari Polri dan TNI untuk menanganinya," tandasnya. (Dita Angga/Kiswondari/Abdul Rochim)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)