BMKG Raih Penghargaan Lembaga Pemerintah Nonkementerian Cukup Informatif

Jum'at, 27 November 2020 - 14:22 WIB
loading...
BMKG Raih Penghargaan Lembaga Pemerintah Nonkementerian Cukup Informatif
BMKG meraih penghargaan dari KI Pusat, sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian Cukup Informatif, dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) meraih penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) sebagai "Lembaga Pemerintah Non Kementerian Cukup Informatif", dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020 yang berlangsung secara virtual pada Rabu, (25/11/2020) lalu.

(Baca juga: Satgas Covid-19: Pastikan Tidak Terjadi Penumpukan dan Kerumunan di TPS Pilkada)

Hadir pada kegiatan penganugerahan Rabu siang itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Akhmad Taufan Maulana, dengan didampingi Kasubag Hubungan Pers dan Media, Dwi Rini Endra Sari.
BMKG Raih Penghargaan Lembaga Pemerintah Nonkementerian Cukup Informatif

Taufan mengatakan anugerah ini merupakan hasil upaya pencapaian kerja keras insan BMKG dalam terus memberikan layanan prima kepada publik, khsususnya saat masa pandemi Covid 19.

"BMKG terus berupaya melakukan inovasi dalam menciptakan produk-produk layanan informasi yang dapat dirasakan dampaknya bagi masyarakat," tutur Taufan.

(Baca juga: Sudah Ada Tersangka, 5 Pejabat Swasta Diperiksa KPK Terkait Korupsi Stadion Mandala)

Ketua KI Pusat, Gede Narayana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Anugerah Keterbukaan Informasi Publik akan diberikan kepada Badan Publik yang memenuhi kualifikasi informatif.

"Penganugerahan ini diberikan oleh KI Pusat setiap tahunnya kepada Badan Publik yang menerapkan dan menjalankan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat," ujar Gede.

Gede menegaskan bahwa pada acara ini telah melalui proses Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang berlangsung selama tiga bulan kepada 348 Badan Publik, yang diantaranya Kementerian, Lembaga Negara, dan Lembaga Pemerintah Nonkementerian, Lembaga Nonstruktural, Pemerintah Provinsi, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik.

"Dalam penghargaan ini, BMKG meraih peringkat Kedua dalam kategori "Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Nonkementerian dengan total nilai 78,7. Dalam kategori ini Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR-RI) berada di peringkat pertama dengan nilai 79,48, lalu Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) di peringkat ketiga dengan nilai 77,3," jelas Gede lagi.

Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin turut serta hadir dalam acara ini, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Keterbukaan Informasi Publik diharapkan masyarakat dapat semakin aktif terlibat dalam proses pembuatan kebijakan publik mulai dari tahap perencanaan, implementasi, pemantauan, hingga evaluasi kebijakan.

"Badan Publik dapat memaksimalkan penggunaan seluruh kanal dalam menyebar luaskan informasi publik yang benar guna melindungi masyarakat dari sebaran mis-informasi dan mal-informasi, sekaligus membendung arus hoax yang berkembang di tengah masyarakat," tutup Ma'ruf Amin.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3597 seconds (0.1#10.140)