Asrama Haji Pondok Gede Jadi Tempat Isolasi WNI dari Luar Negeri

Senin, 11 Mei 2020 - 18:46 WIB
loading...
Asrama Haji Pondok Gede Jadi Tempat Isolasi WNI dari Luar Negeri
n Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat akan menjadi tempat isolasi bagi warga negara Indonesia yang baru pulang dari luar negeri. Selain di Bekasi, Asrama Haji Pondok Gede juga akan difungsikan untuk tempat isolasi.Foto/SINDOnews/Ramadhan Adiputra
A A A
JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 , Doni Monardo mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui penggunaan Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi untuk tempat isolasi warga Indonesia yang pulang dari luar negeri.

Dengan penggunaan Asrama Haji sebagai tempat isolasi akan memperketat pengawasan terhadap WNI dari luar negeri bisa lebih baik.

“Bapak Presiden tadi telah menyetujui untuk menggunakan Asrama Haji sehingga seluruh ABK, seluruh pelajar, dan juga jamaah tabligh yang kembali ke Tanah Air bisa ditampung pada satu kawasan sehingga memudahkan pengawasan dan kontrolnya,” kata Doni seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Senin (11/5/2020).

Doni menyebut selama ini sejumlah ABK yang kembali dari luar negeri disiapkan tempat isolasi di sejumlah hotel. Namun petugas keamanan medis mengalami kesulitan untuk mengawasi secara optimal.

“Dengan adanya izin dari Bapak Presiden untuk penggunaan asrama haji, baik di Pondok Gede dan Bekasi maka kita harapkan unsur kontrol dan pengawasan akan jauh lebih baik,” ungkapnya.

( )

Dia mengatakan, WNI dari luar negeri yang dinyatakan negatif setelah melakukan pemeriksaan maka gugus tugas akan mengatur kepulangannya ke daerah masing-masing.

Dijelaskan Doni, tes untuk para WNI tersebut akan menggunakan swab test. “Negatif di sini bukan menggunakan metode rapid test antibody, tetapi menggunakan swab PCR. Sehingga akurasi bagi pendatang warga negara kita yang dari luar negeri betul-betul bisa kita jamin bahwa mereka sujdah dalam keadaan sehat,” tuturnya.

Sementara jika hasilnya positif akan dibawa ke rumah Sakit Darurat Wisma Atlet untuk di Jakarta. Kemudian juga yang di Batam akan dibawa ke Pulau Galang.

“Sementara yang di Jawa Timur, di Surabaya sedang dalam proses menyiapkan ruang-ruang isolasi bantuan dan kerja sama Kementerian PUPR dengan pemerintah provinsi dan Gugus Tugas,” tuturnya.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)