Vaksin Terbukti Dapat Mengeradikasi Penyakit Ini

loading...
Vaksin Terbukti Dapat Mengeradikasi Penyakit Ini
Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita sekaligus Anggota Yayasan Orang Tua Peduli, dr Endah Citraresmi mengungkapkan vaksin terbukti mengeradikasi beberapa penyakit infeksi .

Endah pun mengungkapkan berbagai infeksi yang sudah dikenal dari sejak zaman dahulu kala dan bisa menimbulkan banyak masalah, dari kecacatan maupun kematian. Salah satu contohnya yakni Polio.

"Ini menimbulkan kecacatan. Jadi pincang bahkan sebagian bisa meninggal ya. Zaman saya dulu ada yang masih pincang seperti ini. Meskipun untuk zaman sekarang alhamdulillah kita sudah berhasil mengeradikasi Polio sehingga kita tidak, jarang sekali menemukan kasus-kasus seperti ini lagi," kata Endah dalam dialog KPC PEN secara virtual, Selasa (24/11/2020).

Lalu, kata Endah, ada Difteri. Difteri, kata Endah, bisa menimbulkan selaput di tenggorokan sehingga menutup jalan napas bahkan bisa menyerang ke jantung dan terjadi kematian.



(Baca juga: Pakar Ungkap 'Kelemahan' Vaksin-vaksin Covid-19 ).

Selanjutnya, Tetanus. Tetanus menyebabkan kaku otot yang sangat nyeri dan bisa menimbulkan kematian. Kemudian, batuk rejan atau pertusis. “Ini bisa mematikan terutama pada bayi-bayi kecil ya," kata Endah.

Kemudian, penyakit yang mengenai ke hati, Hepatitis B, Hepatitis A, bisa terjadi gagal hati. "Bahkan kalau Hepatitis B sebagian bisa berkomunikasi menjadi kanker hati atau sirosis hati,” jelas Endah.



(Baca juga: Sejumlah Persoalan Perlu Dibenahi Sebelum Vaksinasi ).
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top