Guru Adalah Pahlawan Sepanjang Masa

Selasa, 24 November 2020 - 08:42 WIB
loading...
A A A
“Frase frase sederhana merdeka belajar, menghamba pada anak, menjadi teman perjalanan guru penggerak dan memanusiakan hubungan dan lainnya. Frase sederhana ini menjadi pondasi untuk menjadi teman perjalanan untuk menjadi guru penggerak dalam Menjalankan praktik-praktik baik untuk menjadikan bermanfaat dalam dunia pendidikan,” tutur ayah tiga anak ini.

Selain menjadi pendamping para guru sekaligus menjadi pengajar bagi para anak didiknya, ia juga harus menjalankan peran sebagai pendidik di rumah bagi ketiga anaknya, apalagi sang isteri harus berjuang di garda depan sebagai tenaga kesehatan yang menangani para pasien Covid-19.

Kisah inspiratif juga datang dari Amalia Ahandini, guru yang berasal dariYogyakarta. Amalia adalah satu dari sekian banyak guru yang selalu bersemangat dalam melakukan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 selain tetapmenekankan pentingnya guru untuk tetap belajar.

Amalia dengan segala keterbatasan di masa pandemi, ia tak henti memotivasi anak-anak didiknya untuk giat belajar “Salah satu prinsip penting dalam belajar di rumah adalah jangan sampai tugas-tugas dari guru merepotkan orangtua. Pandemi ini memang membuat semuanya tidak mudah, tapi kita sebagai guru harus selalu belajar agar semua pihak merasa nyaman untuk terus belajar,” jelas wanita yang mengenakan kerudung ini.

Kisah inspiratif lainnya datang dari Isnaini Cahyanto, Guru IPA di SMP Negeri 3 Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Selain sebagai guru IPA, ia juga menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang akademik, dipercaya untuk menjadiKetua MGMP IPA Wilayah Barat Kabupaten Bogor, Duta Sains PPPPTK IPA Kemdikbud, aktif juga di dalam organisasi menjadi Anggota IGI dan PGRI Kabupaten Bogor.

Ia terpilih menjadi guru penggerak sejak 5 Oktober 2020 lalu. Isnaini adalah sosok guru yang aktif, tidak heran kalau semangatnya menular kepada rekan-rekan seprofesinya maupun anak-anak didiknya.

“Hampir setiap hari saya bersama murid-murid hebat untuk belajar IPA di SMP Negeri 3 Leuwiliang Kabupaten Bogor. Saya dan rekan-rekan guru IPA ingin lebih kreatif dan produktif, kreatif di dalam menyikapi berbagai kekurangan, di dalam pembelajaran. Produktif menghasilkan media pembelajaran, dan juga penelitian-penelitian pendidikan,” tuturnya.

Melalui Program Guru Penggerak, Isnaini mengaku tertantang sekaligus termotivasi untuk menjadi pemimpin pembelajaran agar mampu menjadi teladan dan dapat mempengaruhi guru baik di sekolah maupun di komunitas. Ini menjadi suatu pembelajaran yang suportif, berorientasi kepada anak didik. Ia percaya bahwa melalui pendidikan Guru Penggerak, maju bersama dapat terwujud. Bagi Isnaini, tidak ada bedanya antara guru ASN atau guru PNS, guru swasta, guru di desa, atau guru di perkotaan, karena sejatinya guru adalah satu. Profesi guru adalah pendidik.

“Mau sendiri tidak keren, maju bersama pasti akan bermanfaat lebih luas lagi. Pantaskan Anda sebagai pemahat, pengukir, pewarna, dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia melalui guru penggerak. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat bagi sleuruh rekan-rekan yang tergerak hatinya untuk mengikuti seleksi Guru Penggerak. Guru Penggerak Merdeka Belajar,” tuturnya dengan penuhsemangat.

Untuk mengupdate informasi seputar Program-program Penguatan Karakter dapat diakses di media sosial Puspeka Kemendikbud berikut ini. [Ian Iapoh Simarmata (Analis Kebijakan Ahli Muda, Puspeka, Kemendikbud]

Laman Resmi

https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/

Instagram
https://www.instagram.com/cerdasberkarakter.kemdikbudri/

Facebook
https://www.facebook.com/cerdasberkarakter.kemdikbudri/
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)