Pemuda Muhammadiyah Apresiasi Kinerja Pemerintah di Sektor Pertanian

Jum'at, 20 November 2020 - 19:48 WIB
loading...
Pemuda Muhammadiyah Apresiasi Kinerja Pemerintah di Sektor Pertanian
Pemuda Muhammadiyah mengapresiasi kinerja Kementan dan berharap bisa lebih ditingkatkan lagi. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Pemuda Muhammadiyah mengapresiasi kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) dalam membangun sektor penting tersebut. Pertanian ternyata mampu menjadi tulang punggung perekonomian nasional di tengah ancaman krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto mengatakan bahwa sejauh ini sektor pertanian merupakan sektor yang tidak masuk kedalam jurang resesi. Hal ini karena sektor pertanian merupakan kekuatan utama sekaligus kebutuhan pokok yang wajib terpenuhi sehari-hari.

"Keberhasilan kinerja Mentan Syahrul sudah teruji dengan surplusnya bahan pangan kita di tengah ancaman resisi," ujar Sunanto saat menemui Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kantor Kementan, Kamis (19/11/2020).

(Baca: Pemuda Muhammadiyah Ingatkan Negara Harus Tegas Sikapi Kerumunan Massa)

Menurut Sunanto, kinerja Mentan Syahrul harus mendapat dukungan dari semua pihak supaya sektor pertanian terus tumbuh memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Saya kira kinerja dari pak Syahrul perlu ditingkatkan lagi dan ini menjadi bagian dari upaya kerja yang terus dilanjutkan dan dipertahankan sekaligus membuat inovasi-inovasi baru di dalam rangka saling menguatkan satu sama lain," katanya.

Seperti diketahui, selama pandemi Covid 19, sektor pertanian mampu menunjukan tren positif, dimana pada kuatal II pertanian tumbuh 16,24 persen dan di kuartal III tumbuh sekitar 2,15 persen year on year (yoy).

Selanjutnya, BPS pun baru-baru ini mencatat nilai ekspor pertanian pada bulan Oktober 2020 mengalami pertumbuhan positif, yakni sebesar USD 0,42 miliar atau tumbuh 1,26 persen (m to m) jika dibandingkan pada bulan sebelumnya. Secara YoY pun, ekspor sektor pertanian tumbuh 23,80 persen.

Lebih lanjut, Sunanto juga mendukung upaya Kementan dalam mengembangkan potensi generasi milenial pada sektor pertanian. Menurutnya, spirit dari generasi milenial dapat dimanfaatkan untuk bisa dijadikan sebagai sumbangsih dalam rangka menjaga ketahanan pangan.

"Saya berharap Kementan bisa bekerjasama dengan kami untuk menjadi bagian dari upaya niat besar kebaikan. Sehingga terbangun konsep bahwa menjadi petani itu menjanjikan," tutupnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)