Pemuda Muhammadiyah Apresiasi Kinerja Pemerintah di Sektor Pertanian

loading...
Pemuda Muhammadiyah Apresiasi Kinerja Pemerintah di Sektor Pertanian
Pemuda Muhammadiyah mengapresiasi kinerja Kementan dan berharap bisa lebih ditingkatkan lagi. Foto/ist
A+ A-
JAKARTA - Pemuda Muhammadiyah mengapresiasi kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) dalam membangun sektor penting tersebut. Pertanian ternyata mampu menjadi tulang punggung perekonomian nasional di tengah ancaman krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto mengatakan bahwa sejauh ini sektor pertanian merupakan sektor yang tidak masuk kedalam jurang resesi. Hal ini karena sektor pertanian merupakan kekuatan utama sekaligus kebutuhan pokok yang wajib terpenuhi sehari-hari.

"Keberhasilan kinerja Mentan Syahrul sudah teruji dengan surplusnya bahan pangan kita di tengah ancaman resisi," ujar Sunanto saat menemui Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kantor Kementan, Kamis (19/11/2020).

(Baca: Pemuda Muhammadiyah Ingatkan Negara Harus Tegas Sikapi Kerumunan Massa)



Menurut Sunanto, kinerja Mentan Syahrul harus mendapat dukungan dari semua pihak supaya sektor pertanian terus tumbuh memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Saya kira kinerja dari pak Syahrul perlu ditingkatkan lagi dan ini menjadi bagian dari upaya kerja yang terus dilanjutkan dan dipertahankan sekaligus membuat inovasi-inovasi baru di dalam rangka saling menguatkan satu sama lain," katanya.

Seperti diketahui, selama pandemi Covid 19, sektor pertanian mampu menunjukan tren positif, dimana pada kuatal II pertanian tumbuh 16,24 persen dan di kuartal III tumbuh sekitar 2,15 persen year on year (yoy).



Selanjutnya, BPS pun baru-baru ini mencatat nilai ekspor pertanian pada bulan Oktober 2020 mengalami pertumbuhan positif, yakni sebesar USD 0,42 miliar atau tumbuh 1,26 persen (m to m) jika dibandingkan pada bulan sebelumnya. Secara YoY pun, ekspor sektor pertanian tumbuh 23,80 persen.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top