Positivity Rate COVID-19 Jateng dan Jabar Naik Usai Libur Panjang

loading...
Positivity Rate COVID-19 Jateng dan Jabar Naik Usai Libur Panjang
Satgas menyatakan bahwa terjadi kenaikan positivity rate covid-19 di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Barat (Jabar) usai libur panjang. FOTO/DOK.SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan berdasarkan data, terjadi kenaikan positivity rate COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Barat (Jabar). Sebelum libur panjang, positivity rate di Jateng sebesar 13,53% dan Jabar 15,14%.

"Setelah liburan panjang yaitu pada tanggal 4 sampai dengan 10 November terlihat peningkatan positivity rate di Jawa Tengah menjadi 17,4% dan 16,31% di Jawa Barat. Ini menandakan bahwa terdapat peningkatan penularan yang sangat signifikan di dua daerah ini," katanya, Selasa (17/11/2020).

Pada pekan lalu, Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengakui bahwa dalam beberapa hari terakhir ini terjadi lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia. Bahkan penambahan kasus per hari sempat mencapai rekor tertinggi selama 8 bulan terakhir. (Baca juga: Update COVID-19: Positif 474.455 Orang, 398.636 Sembuh dan 15.393 Meninggal)

Namun Doni mengatakan bahwa kenaikan masih lebih rendah dibandingkan pada libur panjang Agustus akhir hingga September awal lalu. Sehingga menurutnya kenaikan masih dalam batas-batas terkendali.



Meski begitu dia mengatakan masih akan mengikuti perkembangan kasus hingga satu minggu mendatang. Dia mengatakan masih perlu dilihat lagi apakah libur panjang akhir Oktober hingga awal November berdampak pada peningkatan kasus yang signifikan atau tidak.

"Satgas sendiri masih mengikuti perkembangan sampai dengan satu minggu yang akan datang. Apakah dampak dari libur panjang ini signifikan terjadinya kasus atau karena memang sudah semakin baik masyarakat dalam menerapkan liburan kemarin, liburan aman dan nyaman tanpa kerumunan," katanya. (Baca juga: Kasus COVID-19 Sembuh Alami Perlambatan dalam 4 Pekan Berturut-turut)

(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top