Quality Time Lebaran di Tengah Pembatasan Sosial Akibat Covid-19

Sabtu, 09 Mei 2020 - 11:03 WIB
loading...
A A A
Intinya, menurut Emeldah, family quality time adalah saat di mana seluruh anggota keluarga merasa nyaman. Ketika seluruh anggota nyaman, perbincangan tentang masalah sehari-hari bisa diselesaikan dengan baik. "Kita harus membuat suasana rumah menjadi menyenangkan, terlebih momennya saat hari istimewa seperti Lebaran. Tentu kebersamaan bisa menjadi hal yang paling menyenangkan," lanjutnya.

Hal senada diungkapkan psikolog keluarga Erin Mutiara. Menurutnya, bonding time menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga untuk melakukan sesuatu yang bermakna. Kegiatan ini bertujuan menciptakan kedekatan hubungan antara anggota keluarga. Untuk itu, saat libur Hari Raya Lebaran, menghabiskan waktu di rumah dengan akrab bersama anggota keluarga dapat menjadi alternatif baru.

"Supaya bonding time efektif untuk keluarga, biasanya diisi dengan kegiatan yang menyenangkan dan memfasilitasi interaksi sesama anggota keluarga," ujar Erin.

Salah satunya bisa dengan melakukan aktivitas bermain di halaman rumah, atau menonton film kesukaan keluarga bersama, bisa juga dengan berkumpul di ruang keluarga sambil bercerita.

"Jadi, kegiatan Lebaran tidak harus diisi dengan silaturahmi saja, tetapi dengan berada di rumah, kita jadi bisa lebih akrab dengan anggota keluarga dan lebih merekatkan kembali ikatan emosional antara orang tua dan anak," kata Erin.

Family quality time bersama keluarga di rumah juga akan menjadi cara artis Tya Ariestya dan keluarga dalam merayakan Hari Raya Lebaran nanti. Ibu dua orang anak ini mendukung keputusan pemerintah untuk tetap berada di rumah sebagai salah satu cara untuk kebaikan bersama.

"Aku ikuti saja apa pun imbauan dari pemerintah karena hal itu untuk kebaikan kita juga. Kalau memang harus menjalankan Hari Raya Lebaran di rumah saja, ya harus kita dukung," katanya.

Tya pun menambahkan, karena semua kegiatan dilakukan dari rumah, jadi memiliki banyak waktu untuk berkumpul berama anak dan suaminya. "Quality time bersama keluarga itu nomor satu. Everything, menurut aku, semua bisa diatur walaupun berada di rumah," katanya.

Khusus momen saat ini, Tya, suami, dan kedua anaknya sepakat untuk tidur bareng. Malam harinya mereka juga sering mengisi waktu dengan menonton film bareng. "Untuk melepaskan kejenuhan, kita sepakat untuk tidur bersama, karena ini cara paling ampuh untuk membangkitkan suasana di dalam rumah," kata Tya.

Meskipun pada hari Raya Lebaran nanti, Tya dan keluarga hanya bisa merayakannya di dalam rumah. Tya pun tidak kehilangan cara untuk menumbuhkan kebersamaan dirinya dengan anak-anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3664 seconds (0.1#10.140)