Refly Harun: Habib Rizieq Akan Mainkan Peran Signifikan dalam Politik Indonesia

Jum'at, 06 November 2020 - 08:40 WIB
loading...
Refly Harun: Habib Rizieq Akan Mainkan Peran Signifikan dalam Politik Indonesia
Habib Rizieq Shihab. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ahli hukum tata negara Refly Harun menilai Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab akan memainkan peran signifikan dalam politik Indonesia.

Dalam video berjudul 'FINAL!! 10 NOVEMBER, HABIB RIZIEQ TIBA!!' yang tayang di Channel YouTube Refly Harun, Jumat (6/11/2020), Refly Harun antara lain kembali menyinggung pentingnya ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold dihilangkan.

"Presidential threshold dihilangkan, agar orang seperti Habib Rizieq , kalau memang ingin berbuat bagi negara, ya turun gelanggang, ikut berpolitik. Atau memang tetap menjadi penjaga moral dengan organisasinya," ujarnya.
Refly Harun: Habib Rizieq Akan Mainkan Peran Signifikan dalam Politik Indonesia

Refly mengatakan, yang jelas sosok seperti Habib Rizieq akan memainkan peran signifikan dalam politik Indonesia walaupun dia berasal dari jalur nonpartai. "Mungkin sama seperti Gatot Nurmanyo juga, dalam dimensi yang berbeda. Kalau satu dimensi kedaian, sebagai pemimpin umat, satu lagi sebagai mantan Panglima TNI yang tentu punya pengalaman juga," katanya.

( ).

Refly menyebut, tokoh-tokoh lain juga harus diberi keempatan untuk mewarnai politik Indonesia. Semisal, ada nama mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan tokoh-tokoh partai lama lainnya. Ada juga tokoh nonpartai yang sudah sering disebut sebagai calon presiden seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

( ).

Sementara, yang dari partai politik ada nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, bahkan Megawati Soekarnoputri. "Kalau kita membuat sebuah lapangan yang equal playing field, orang bisa ikut bertanding dan bermain, maka sesunguhnya politik kita akan jauh lebih sehat," kata Refly berharap masyarakat tidak di-fait-accompli lagi.

( ).

"Kita tunggu saja ke mana Habib Rizieq akan kemudian berlabuh dalam arus besar politik Indonesia ini. Di mana dia akan memainkan perannya. Yang penting adalah pertama berpolitiklah secara konstitusional, berpolitik secara baik, syukur-syukur secara santun pula."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2763 seconds (0.1#10.140)