Tiga Jamaah Umrah Indonesia Positif COVID-19 Tanpa Gejala

Kamis, 05 November 2020 - 21:55 WIB
loading...
Tiga Jamaah Umrah Indonesia Positif COVID-19 Tanpa Gejala
Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan, tiga jamaah umrah Indonesia positif COVID-19 diketahui sebagai orang tanpa gejala (OTG). FOTO/SINDOnews/YORRI FARLI
A A A
JAKARTA - Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan, tiga jamaah umrah Indonesia positif COVID-19 diketahui sebagai orang tanpa gejala (OTG) .

Pemerintah Arab Saudi juga akan kembali melakukan swab test ulang kepada ketiganya pada tiga hari ke depan. Saat ini, para jamaah umrah Indonesia tersebut tengah menjalani isolasi.

"Dan yang bersangkutan akan dilakukan test ulang setelah 3 hari mendatang," kata Endang saat dikonfirmasi, Kamis (5/11/2020). ( )

Endang memastikan bahwa ketiga jamaah yang positif Covid-19 tersebut bisa kembali melaksanakan ibadah umrah bila hasil tesnya negatif virus corona.

Menurut dia, persentase jamaah umrah Indonesia yang positif COVID-19 terbilang kecil lantaran saat ini terdapat 300-an Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah melaksanakan ibadah umrah. "Dan persentasi kecil dari 300-an jamaah hanya 3 orang saja (positif Covid-19)," tuturnya.

Ia pun mengimbau agar seluruh jamaah umrah Indonesia bisa menaati protokol kesehatan dengan ketat agar tidak terpapar virus corona di dua kota suci bagi umat Islam itu. "Diimbau juga agar semua jamaah menaati aturan dan kedisiplinan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi," katanya. ( )

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan pemberangkatan jamaah dari luar negaranya sejak Minggu, 1 November 2020. Hari itu, 224 jamaah asal Indonesia tiba di Arab Saudi mendarat di Saudi pada pukul 18.16 WAS.

Selain 224 jamaah asal Indonesia, terdapat pula 38 jamaah asal Pakistan yang melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci. Mereka juga terlebih dahulu diwajibkan menjalani karantina selama tiga hari.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)