Saatnya Tingkatkan Ambisi dan Aksi Iklim

Kamis, 05 November 2020 - 05:57 WIB
loading...
A A A
Para pemimpin dunia yang ambisius telah membuat awal yang sangat positif. Namun, saat ini masih banyak hal yang harus dilakukan. Menangani dan beradaptasi dengan perubahan iklim harus dilakukan sekarang juga dan, sama-sama kita sadari, tidak bisa ditunda

Pada 12 Desember 2021, Inggris akan menjadi tuan rumah KTT Ambisi Iklim bersama dengan PBB dan Prancis serta dalam kemitraan dengan Cile dan Italia untuk menandai peringatan lima tahun kesepakatan perubahan iklim yang sangat penting, yaitu Perjanjian Paris.

Setiap negara yang tunduk pada Perjanjian Paris akan diundang ke acara daring yang akan berfokus pada tindakan untuk mengurangi emisi dan membangun ketahanan terhadap dampak iklim, baik melalui adaptasi ataupun melalui pendanaan iklim.

Indonesia telah menunjukkan komitmennya untuk mengatasi perubahan iklim dan Inggris bangga atas kemitraan antara kedua negara dalam masalah iklim serta lingkungan. Indonesia memiliki potensi untuk menunjukkan kepemimpinan yang lebih kuat di bidang ini–karena Indonesia berada pada posisi yang sangat tepat untuk memanfaatkan masa depan energi bersih dan menjadi “negara adidaya” energi terbarukan. Indonesia telah menetapkan target ambisius sebesar 23% dari total penggunaan energi akan berasal dari sumber terbarukan pada 2025, dari sekitar 10% pada saat ini. Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan potensi energi terbarukan tertinggi di dunia. Laporan Prakarsa Pembangunan Rendah Karbon Indonesia menunjukkan bahwa peningkatan ambisi dalam pembangunan rendah karbon juga menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan lebih berkelanjutan.

Menetapkan target yang jelas untuk pengurangan emisi, dalam peningkatan “kontribusi yang ditentukan secara nasional” (Nationally Determined Contribution atau NDC), dan komitmen untuk bekerja menuju emisi karbon nol bersih pada tanggal yang ditentukan, akan menjadi sinyal yang kuat bagi investor dan bisnis di sektor rendah karbon. Langkah ini menandakan bahwa bisnis pada sektor ini akan dapat bertumbuh di Indonesia, dan menjadikan Indonesia sebagai tempat yang menarik untuk berbisnis. Selain itu, peningkatan ambisi dari Indonesia juga menunjukkan kepemimpinannya di kawasan ASEAN.

Saya menyerukan kepada semua negara untuk membawa ambisi tertinggi mereka ke KTT Perubahan Iklim di Inggris tahun depan, karena pertemuan ini akan menjadi momen penting bagi planet kita.

Inggris akan memanfaatkan lini waktu menjelang COP26 sebagai kesempatan untuk meningkatkan ambisi aksi iklim kami.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)