Operasi Zebra Kreatif Humanis Polri Tuai Apresiasi

Senin, 02 November 2020 - 13:41 WIB
loading...
Operasi Zebra Kreatif Humanis Polri Tuai Apresiasi
Kakorlantas Polri Irjen Istiono didampingi Kabag Ops Korlantas Kombes Pol Rudy Antariksawan dalam peninjauan Operasi Zebra. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Upaya kreatif dan humanis Polri khususnya Korlantas dalam melaksanakan Operasi Zebra yang bersamaan dengan momen liburan panjang kemarin mendapat respons positif dari Jaringan Islam Kebangsaan (JIK). Koordinator Nasional JIK menilai upaya Korlantas melaksanakan Operasi Zebra 2020 sangat kontekstual.

(Baca juga: Satgas Sebut Angka Corona Global Meningkat, di Tanah Air Menurun)

Operasi Zebra dilaksanakan secara kreatif dan berbeda oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Sebagaimana Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono tegaskan bahwa operasi Zebra 2020 menghindari langkah refresif.

(Baca juga: Pascalibur Panjang Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19)

"Saya sampaikan bersamaan dengan kegiatan libur panjang ini, Kepolisian juga menggelar Operasi Zebra yang berorientasi kepada pencegahan Covid-19," tegas Irjen Pol Istiono, Senin (2/11/2020).

Ini pun merupakan ejawantah dari perintah Bapak Kapolri yg tegas ingatkan agar dalam Operasi Zebra ini kedepankan langkah humanis dan hindari tindakan penilangan lanjut Istiono.

Melaksanakan perintah Kakorlantas, Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Polisi Rudy Antariksawan menegaskan bahwa Operasi Zebra 2020 ini berbeda dengan operasi-operasi Zebra sebelumnya.

Pasalnya Korlantas Polri mengedepankan pola preventif dan preemtif. Mengutamakan pencegahan dengan cara mengedukasi, memberikan pengarahan dan penyuluhan kepada masyarakat.

“Operaasi Zebra bertujuan agar masyarakat lebih tertib atau mentaati aturan lalu lintas. Karena kita masih berada di dalam suasana pendemi, upaya Korlantas tersebut sangat kontekstual. Selain menjaga kecelakaan lalu lintas, Korlantas berupaya mendisiplinkan masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Irfaan.

Selain itu, Operasi Zebra di tengah pandemi kali ini, tidak hanya dilaksanakan semata-mata untuk mengatur kelancaran dan ketertiban pengguna jalan. Korlantas Polri juga membagikan bantuan sembako dan masker kepada para pengemudi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3932 seconds (0.1#10.140)