Kamu Wajib Tahu, Vaksinasi Efektif Hingga 95% Mencegah Penyakit Menular

loading...
Kamu Wajib Tahu, Vaksinasi Efektif Hingga 95% Mencegah Penyakit Menular
Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pakar Imunisasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Sri Rezeki S. Hadinegoro mengungkapkan bahwa vaksinasi atau imunisasi dengan menyuntikkan vaksin ke dalam tubuh seseorang akan memberikan kekebalan tubuh terhadap penyakit hingga 95%.

"Dengan imunisasi atau vaksinasi juga bisa untuk memutus transmisi penyakit menular. Sebanyak 80% hingga 95% mencegah penyakit menular lewat imunisasi," ungkap Sri dalam diskusi 'Vaksin untuk Negeri' yang digelar secara virtual, Sabtu (31/10/2020).

Sri menjelaskan bahwa imunisasi atau vaksinasi merupakan pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tersebut. "Tujuan imunisasi adalah upaya mencapai eradikasi dan mengurangi penyakit infeksi berat," katanya.

(Baca juga: Bikin Heboh, Ini Pernyataan Siti Fadilah Supari soal Vaksin dan Pandemi).



Vaksin, lanjut Sri, juga berguna untuk mencegah penyakit infeksi yang jahat. "Dengan vaksinasi maka akan mencegah agar masyarakat terpapar sehingga kebal terhadap beberapa penyakit," tambah Sri.

Sri mengatakan, ada beberapa penyakit yang hanya bisa dicegah dengan vaksinasi seperti campak, difteri, polio, dan rubella. "Vaksin bekerja untuk mengurangi risiko infeksi dengan melatih sistem imun dalam mengenal dan melawan patogen atau virus dan bakteri. Vaksin akan menghantarkan imunogen yang spesifik," jelasnya.(Baca juga:IDI Ingatkan Pemberian Vaksin Covid-19 Tidak Boleh Tergesa-gesa).
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top