Menakar Peluang Anies Baswedan Melaju di Pilpres 2024

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 07:01 WIB
loading...
A A A
Selanjutnya, dari survei Polmatrix Indonesia yang diumumkan pada Rabu 17 September 2020, elektabilitas Anies Baswedan sebesar 10,6%. Lalu, elektabilitas Anies Baswedan pada survei Cyrus Network yang diumumkan Jumat 13 Maret 2020 sebesar 13%.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengakui Anies Baswedan memiliki peluang besar maju di Pilpres 2024. Kendati demikian, peluang tersebut tergantung kepada performa Anies selama menjadi gubernur.

"Itu tergantung dari kinerja dia selama menjabat Gubernur. Berprestasi atau tidak," ujar Ujang Komarudin kepada SINDOnews, Jumat 23 Oktober 2020.

Jika berprestasi, kata Ujang, peluang Anies menjadi caapres terbuka luas. Ujang melanjutkan, peluang Anies juga tergantung dukungan rakyat yang akan tercermin pada popularitas dan elektabilitasnya.

"Apabila popularitas dan elektabiltasnya tinggi, maka bisa melaju ke babak berikutnya, yakni bisa menjadi capres. Begitu juga sebaliknya," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini.
Menakar Peluang Anies Baswedan Melaju di Pilpres 2024

Pendapat senada juga diungkapkan Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia."Anies memiliki daya tarik yang cukup kuat, selain memimpin ibu kota, Anies juga sudah miliki reputasi sebagai tokoh yang hampir sejajar dengan Presiden dari sisi sentimen publik," kata Dedi dihubungi SINDOnews secara terpisah.

Lalu kira-kira partai politik mana yang berpotensi menjadi kendaraan Anies jika melaju menjadi capres?

Dalam konstelasi politik pasca Pilpres 2029, ada dua partai politik yang pernah memberikan kesan positif kepemimpinan Anies, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Nasional Demokrat (Nasdem).

PKS pernah mengakui Anies masuk dalam radar capres yang bisa saja diusungnya pada Pilpres 2024. Namun, Anies harus terlebih dahulu menunjukkan keberhasilannya memimpin Ibu Kota.

Hal itu pernah diungkapkan politikus PKS Mustafa Kamal pada 25 Februari 2020 yang bersyukur kepala daerah yang diusung partainya memiliki elektabilitas tinggi.

Apabila Anies bisa melewati berbagai tantangan dalam menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Mustafa tidak menampik PKS memiliki pertimbangan kuat untuk mengusung Anies di Pilpres 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3042 seconds (0.1#10.140)