Kondisi Darurat, Uji Klinis Vaksin Covid Diharapkan Terus Berjalan

Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:20 WIB
loading...
Kondisi Darurat, Uji Klinis Vaksin Covid Diharapkan Terus Berjalan
Uji klinis vaksin tahap tiga di Indonesia diminta harus bisa sesuai jadwal. Sebab, tidak ada faktor lain yang menghambat proses uji klinis. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Uji klinis vaksin tahap tiga di Indonesia diminta harus bisa sesuai jadwal. Sebab, hingga kini tidak ada faktor-faktor yang menghambat proses uji klinis.

Hal itu diungkapkan ahli epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Laura Navika Yamani menanggapi isu vaksin Covid-19 Sinovac yang menjadi komoditas politik di Brasil. “Kalau di Indonesia ada prokontra itu jangan dijadikan hambatan. Ini kan kondisi darurat. Proses harus terus berjalan,” kata Laura kepada wartawan, Kamis (22/10/2020). ( )

Dia menyarankan, pemerintah juga perlu menetapkan vaksin mana yang bisa beredar untuk menghindari jenis vaksin lain yang sudah ditentukan. Ini untuk memudah pengawasan yang dilakukan pemerintah.

“Jadi jangan sampai yang sudah ditentukan pemerintah nanti, ini vaksin resmi, tetapi ada vaksin lain yang beredar. Ini untuk memudahkan pengawasan,” katanya. Laura optimistis uji klinis vaksin bisa berjalan lancar. “Tinggal bagaimana step step penyebaran ke masyarakat harus diperhatikan. Tahapnya harus dibuat rinci,” katanya. ( )

Seperti diketahui, Presiden Brasil Jair Bolsonaro menolak vaksin Sinovac tersebut. Sikap Bolsonaro dinilai terkait dengan rivalitas politiknya dengan gubernur Sao Paolo Joao Doria. Sao Paolo jadi wilayah yang ikut bekerja sama dengan Sinovac dalam mengembangkan vaksin lokal di Brasil.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)