Kasus Covid-19 Belum Juga Melandai

Senin, 19 Oktober 2020 - 06:46 WIB
loading...
A A A
Di masyarakat kerja sama ini antara lain menyampaikan secara jujur apabila seseorang dipastikan terjangkit Covid-19 agar memudahkan tim satgas melakukan pemeriksaan (testing ) di lingkungannya. Tes inilah yang akan menjadi kunci untuk segera dapat mengetahui siapa saja yang terkena Covid-19 untuk kemudian diisolasi agar tidak menularkan kepada orang lain.

Tes Covid-19 inilah yang menjadi strategi utama negara lain dalam penanganan virus korona. Di Kota Qingdao, China, negara asal virus korona, bahkan baru-baru ini melakukan tes terhadap 9 juta warga kota tersebut setelah ditemukan 12 kasus baru dari transmisi lokal. Tes massal yang dilakukan selama sepekan itu menggunakan metode penggabungan sepuluh sampel sekaligus. Jika terdapat kasus positif, sepuluh pemilik sampel itu akan dikarantina dan kemudian dilakukan tes ulang per individu.

Ihwal tes ini, otoritas China memang patut diacungi jempol. Selain penerapan protokol yang ketat, Negeri Panda ini juga begitu masif melakukan tes. Terbukti, dari data yang disampaikan oleh worldometers.info, rasio tes Covid-19 yang dilakukan di China sebanyak 111.163 orang per 1 juta populasi penduduk. Sebagai perbandingan, di Indonesia tesnya baru mencapai 14.652 orang per 1 juta populasi.



(bmm)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2197 seconds (10.55#12.26)