Ketahanan Pangan, BRG Gelar Pelatihan Kelola Lahan Tanpa Bakar di Merauke

Rabu, 14 Oktober 2020 - 15:50 WIB
loading...
A A A
"Dalam pelatihan tiga hari ini nantinya bisa disosialisasikan oleh bapak ibu yang mengikuti pelatihan. Supaya lahan gambut di Kabupaten Merauke bisa bermanfaat atau berproduksi dengan baik," ucap Datir.


Kepala Distrik Kurik, Prasetyo Adi Cahyo punya pendapat serupa. Dia berharap pelatihan ini bisa membuat masyarakat dapat mengoptimalkan lahan yang tak tergarap.

"Bagaimana caranya ke depan bapak ibu sekalian bisa atau mampu atau mengolah lahan gambut ini, jangan sampai dibiarkan," ucap Adi.

Adi mengatakan, di wilayahnya ada lahan gambut. Pemanfaatan lahan gambut diharapkan bisa mengatasi kemungkinan masalah kebakaran lahan dan peningkatan ekonomi.

"Pemerintah hanya memberikan stimulus di awal saja. Selanjutnya tinggal masyarakat yang harus mengambil peluang untuk mengembangkannya," ucap dia.

Salah satu model dan jenis pertanian yang dipopulerkan BRG untuk menjaga ketahanan pangan di masa depan yaitu pertanian alami di lahan gambut. Prinsip pertanian ini menggunakan dua pemahaman, pertama, mempertahankan fungsi gambut dan kedua, penggunaan spesies yang beragam dan cocok di lahan gambut dan untuk peningkatan ekonomi warga.

Pelatihan yang diikuti oleh 30 petani ini diharapkan data memanfaatkan potensi lahan gambut tipis dan menghasilkan berbagai macam sumber pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat dan menjaga keberlangsungan ekosistem gambut.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0918 seconds (0.1#10.140)