800 Rumah Sakit Rawat Pasien Corona

Rabu, 15 April 2020 - 17:19 WIB
loading...
800 Rumah Sakit Rawat Pasien Corona
RS Darurat Wisma Atlet. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona (Covid-19) Achmad Yurianto mengatakan hingga saat ini sebanyak 800 rumah sakit telah disiapkan untuk merawat pasien positif Covid-19.

"Sudah lebih dari 800 rumah sakit baik milik pemerintah pusat, pemerintah daerah, milik BUMN, milik TNI, Polri, milik swasta yang telah melaksanakan layanan perawatan penderita Covid-19," ungkap Yuri dalam Konferensi Pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Dari 800 rumah sakit yang tersedia telah memiliki daya tampung sebanyak 4.000 tempat tidur. "Juga telah disiapkan rumah sakit-rumah sakit darurat sebagai rumah sakit-rumah sakit lini pertama untuk penanganan kasus-kasus ringan sedang." ( ).

Yuri mengatakan, rumah sakit rujukan dikhususkan untuk menampung pasien positif dengan kondisi berat serta memiliki komorbid atau penyakit bawaan. Rumah sakit ini didesain memiliki ruang isolasi dan ventilator.

"Sehingga bisa kita fokuskan untuk memberikan layanan kepada pasien yang dalam kondisi sedang berat, agar bisa mendapatkan layanan yang adekuat agar bisa mendapatkan layanan yang terbaik," ujar Yuri. ( ).

Selain itu, kata Yuri, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet juga sudah disiapkan sampai dengan 2.000 tempat tidur. Rumah Sakit Darurat yang di Pulau Galang sudah disiapkan untuk bisa menampung sampai dengan 400 tempat tidur. "Oleh karena itu juga sudah disiapkan beberapa tempat untuk melaksanakan kegiatan serupa yang dilaksanakan oleh Gugus Tugas Daerah. Ini bentuk-bentuk kesungguhan kita di dalam menangani Covid-19," tegas Yuri.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2722 seconds (0.1#10.140)