NU Ajak Umat Islam Ajukan Judicial Review Omnibus Law Ciptaker ke MK

Senin, 12 Oktober 2020 - 13:53 WIB
loading...
NU Ajak Umat Islam Ajukan Judicial Review Omnibus Law Ciptaker ke MK
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj, mengajak semua masyarakat dan khususnya umat Islam mengajukan Judicial Review (JR) ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas keberatan pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja (Ciptaker). Foto/SINDOn
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj, mengajak semua masyarakat dan khususnya umat Islam mengajukan Judicial Review (JR) ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas keberatan pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja (Ciptaker) .

(Baca juga : Awas Hati-hati, Inilah 10 Negara yang Memiliki Ranjau Terbanyak di Dunia )

Said Aqil mengatakan, mekanisme yang berakhlak dan bisa menjaga keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia harus di kedepankan, ketimbang aksi demonstrasi yang seringkali berujung ricuh. Seperti yang terjadi pada 5-7 Oktober dibanyak daerah. "Kalau ada sesuatu mari kita ajukan dengan beradab. Menghadapi perbedaan, pro kontra Omibus Law UU Ciptaker, kami ajak bersama-sama NU untuk mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi," ujar Said Aqil di Jakarta, Senin (12/10/2020). (Baca juga: Belum Menyerah, Mahasiswa Kini Targetkan Perppu Cipta Kerja)

Melalui pendekatan Islam, Said Aqil memaparkan definisi aksi demonstrasi. Di mana, demonstrasi menurutnya harus dengan berakhlak, dengan tata tertib, dan dengan aturan. Jika aksi demonstrasi menjadi anarkis, justru itu adalah perbuatan nafsu angkara murka. "Kalau anarkis itu dilarang agama. Kalau semua perilaku ini didorong oleh nafsu angkara murka, emosi yang meluap-luap, maka akan hancurlah tatanan kehidupan dimuka bumi. Segala perilaku kita tidak boleh didorong, dimotivasi oleh kepentingan ego, kepentingan kelompok-kelompok tertentu, kepentingan hawa nafsu, dalam bahasa agama," ungkap Said Aqil. (Baca juga: Kewenangan Daerah Dipangkas di UU Cipta Kerja, Bima Pilih Opsi Uji Materi)

Terkait rencana aksi demonstrasi yang akan dilangsungkan Selasa (13/10/20120) besok, Said Aqil mempersilakan untuk tetap diadakan. Namun dia mewanti-wanti agar massa aksi tetap tertib dan bisa menjaga keutuhan bangsa dan negara. "Sekali lagi, mari kta bangun kehidupan bersama yang nyaman, aman, tentram, jaga keutuhan bangsa Indonesia. Jangan sampai menjadikan kita berbuat anarkis, yang rugi kita sendiri, yang sulit kita sendiri, yang akan menerima akibatnya yang negatif, porak poranda, hancur, kita sendiri," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)