Kominfo Berdayakan UMKM untuk Percepat Transformasi Digital

Selasa, 06 Oktober 2020 - 06:06 WIB
loading...
A A A
Johnny menyatakan, salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Kemkominfo adalah memastikan terselenggaranya pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Karena itu, pihaknya bersama operator seluler menargetkan pembangunan infrastruktur internet 4G di 12.548 desa/kelurahan yang selama ini belum terjangkau hingga akhir 2022.

Selama masa pandemi, BLU BAKTI Kominfo telah menghadirkan 7.634 akses internet gratis di berbagai pelosok negeri. Seluruh agenda kebijakan tersebut selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan percepatan transformasi digital nasional.

"Di saat bersamaan, kita juga menargetkan peluncuran Satelit Multifungsi SATRIA-1 yang mampu menyediakan akses internet cepat di 150.000 titik layanan publik pada tahun 2023 nanti," bebernya.

Politikus Partai Nasdem itu menegaskan program pendampingan tersebut ditunjukkan dalam dua agenda. Pertama, menitikberatkan pada keberagaman potensi lokal UMKM di daerah sasaran.

Kedua, memberikan perhatian terhadap kondisi UMKM yang beragam. Bagi usaha yang masih berada di tahap awal akan diarahkan ke dalam program prioritas lokal agar siap bersaing dalam skala wilayah setempat. Adapun usaha yang sudah dinilai kuat akan diarahkan ke dalam program prioritas nasional agar dapat semakin melebarkan sayapnya di level nasional.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)