Pilkada Bisa Lanjut jika Penyelenggara-Aparat Tegakkan Protokol Kesehatan

loading...
Pilkada Bisa Lanjut jika Penyelenggara-Aparat Tegakkan Protokol Kesehatan
Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus mengapresiasi penetapan nomor paslon dan dimulainya pelaksanaan kampanye secara umum berjalan tertib, aman dan kondusif. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus mengapresiasi tahapan penetapan nomor paslon dan dimulainya pelaksanaan kampanye yang secara umum berjalan tertib, aman dan kondusif.

(Baca juga: Ini Syarat-syarat Sembuh dan Selesai Isolasi Covid-19)

Menurutnya, pemantauan secara langsung di Sumatera Barat (Sumbar), pelaksanaan penetapan nomor paslon juga berjalan baik dan kondusif dengan mematuhi protokol kesehatan, tidak ada kerumunan, arak-arakan dan lain sebagainya.

(Baca juga: Berdasarkan Survei BPS, Perempuan Lebih Patuh Protokol Kesehatan)



"Pencapaian ini harus tetap terjaga supaya pada tahapan berikutnya yakni masa kampanye sampai pelaksanaan pemungutan suara tanggal 9 Desember nanti kondisinya bisa terjaga dan kondusif," kata Guspardi kepada wartawan, Selasa (29/9/2020).

Guspardi melihat, berjalan baiknya tahapan tersebut tentu tak terlepas dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13/2020 yang sudah memuat ketegasan aturan, larangan dan pengenaan sanksi dalam setiap tahapan Pilkada yang harus tunduk dan patuh pada protokol kesehatan Covid-19 (virus Corona).

Untuk itu dia menilai, imbauan penundaan Pilkada 2020 dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan ormas lainnnya tidak diperlukan lagi, karena sosialisasi, koordinasi lintas sektoral sudah berjalan.



Ditambah Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 273/487/SJ tahun 2020 kepada semua kepala daerah dan Telegram Kapolri nomor ST/2607/IX/OPS.2./2020 kepada jajaran Polri yang berjalan dengan baik di lapangan. Sehingga sinergitas antar lembaga mulai dari KPU, Bawaslu, DKPP, Polri dan TNI menghasilkan kinerja yang baik sampai tahapan ini.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top