Percepatan Penyaluran Dana BOP Tahap II 2020, Kemendikbud Gelar Webinar BOP

Senin, 21 September 2020 - 11:32 WIB
loading...
Percepatan Penyaluran Dana BOP Tahap II 2020, Kemendikbud Gelar Webinar BOP
Percepatan Penyaluran Dana BOP Tahap II 2020, Kemendikbud Gelar Webinar BOP
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah akan menyelenggarakan seri webinar dengan materi Kebijakan Penggunaan Dana BOP adaptasi masa Pandemi COVID-19 dan persiapan penyaluran dana BOP Tahap II Tahun 2020. Webinar akan dibuka langsung oleh Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jumeri.
,
Berbeda dengan BOS, Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) disalurkan dari Kas Umum Negara (KUN) ke Kas Umum Daerah (KUD) Kabupaten/Kota dan selanjutnya ke satuan pendidikan. Peran Pemerintah Kab/Kota menjadi ujung tombak dalam kecepatan penyaluran dan pelaksanaan BOP di satuan pendidikan. Semakin cepat salur, semakin cepat pula satuan pendidikan memanfaatkan dana BOP.

Penyaluran BOP dilakukan dalam dua tahap, dan saat ini akan disalurkan tahap dua. Berbagai langkah percepatan telah dilakukan termasuk dengan mengadakan Webinar ini. Webinar ini sangat perlu dilakukan karena melihat perkembangan pengiriman data satuan PAUD, satuan pendidikan PKBM, dan SKB menunjukkan progress yang lambat. Selain itu, masih terdapat 169 kab/kota yang belum memberikan pelaporan penyaluran pada tahap 1 yang menjadi syarat penyaluran pada tahap 2. Atas dasar diatas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dipandang perlu mengadakan Webinar ini untuk memacu sekolah segera input data dan Pemda untuk segera melakukan pelaporan.

Materi pada Webinar ini cukup menarik, ada sesi diskusi khusus untuk menjawab permasalahan-permasalahan di lapangan seperti bagaimana sinkron Dapodiknya, bagaimana strategi penyaluran agar cepat, aman dan akuntabel, serta bagaimana strategi penggunaan dana BOS agar tetap optimal di masa pandemi COVID-19 dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya, antara lain Tim Dapodik PAUDDasmen, Tim BOP PAUD dan Tim BOP Pendidikan .

Harapannya dengan adanya Webinar ini mampu mendongkrak sekolah untuk melakukan input data Dapodik yang termutakhir dan mampu memacu Pemda untuk segera melaporkan penyaluran tahap sebelumny, sehingga penyaluran BOP tahap II Tahun 2020 ini dapat berjalan optimal dan tidak mengalami keterlambatan.

Webinar ini akan diselenggarakan pada hari Selasa, 22 September 2020, dimulai pukul 08.00 s.d. 11.00 melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di kanal youtube ditjen paud dikdasmen.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)