Kementerian PUPR Sediakan Hunian bagi Tenaga Medis di RSD Wisma Atlet

Kamis, 17 September 2020 - 18:26 WIB
loading...
Kementerian PUPR Sediakan Hunian bagi Tenaga Medis di RSD Wisma Atlet
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan mengambil langkah cepat dalam menangani pandemi Corona. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan mengambil langkah cepat dalam menangani pandemi. Salah satunya dengan menunjuk Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa 1 untuk menghadirkan hunian layak untuk para tenaga medis di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran.

(Baca juga: Imbas Corona, 24 WNI Dipulangkan dari Suriname dan Guyana)

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa 1, Bisma Staniarto mengatakan, tenaga kesehatan saat ini menjadi benteng pertahanan terakhir dalam perjuangan menangani pasien-pasien terinfeksi Covid-19 (virus Corona) yang jumlahnya semakin hari semakin bertambah banyak.

(Baca juga: Hadiah Istimewa untuk Pelajar dan Mahasiswa)

Bisma mengatakan, penyiapan unit hunian yang layak bagi tenaga kesehatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah meningkatkan perlindungan untuk tenaga kesehatan, tidak hanya dokter, tetapi juga perawat dan tenaga medis lainnya yang terlibat dalam penanganan pasien-pasien yang terinfeksi Covid-19 khususnya yang bertugas di RSD Wisma Atlet Kemayoran.

(Baca juga: Viral Ospek Daring UNESA, Ini Cara Hadapi Kating yang Suka Marah-marah)

"Dengan bertempat tinggal tidak jauh dari tempat bertugas, para petugas bisa segera beristirahat setelah lepas tugas, selain itu kebersihan dan keamanan lebih terjaga, dengan memberikan mereka unit hunian, maka dapat memperkecil risiko penyebaran virus Covid-19 kepada keluarga/orang terdekat mereka," kata Bisma, Kamis (17/9/2020).

Bisma mengatakan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan 1.536 unit hunian masing-masing memiliki dua kamar bagi para tenaga kesehatan yang berada di Tower 2 dan 3. Jumlah unit hunian tersebut masih mengakomodir kebutuhan tempat tinggal bagi para tenaga kesehatan.

Sementara itu, terkait fasilitas yang disediakan pada unit hunian, antara lain tempat tidur, lemari, sofa, dapur, ac, dan water heater. "Karena mereka sudah jauh dari keluarga, maka setidaknya kami bisa menyediakan fasilitas hunian yang layak dan nyaman, agar mereka bisa lebih fokus dalam menjalankan tugas," kata Bisma.

Fasilitas yang disediakan oleh Kementerian PUPR ini pun sangat diapresiasi oleh tenaga kesehatan. Para tenaga kesehatanh menganggap fasilitas hunian ini seperti rumah kedua mereka karena kenyamanan dan kebersihannya terakomodir dengan baik.

Selain itu, jarak lokasi hunian yang tidak jauh membuat para tenaga medis memiliki waktu yang lebih lama untuk beristirahat sehingga dapat menjalankan tugasnya dalam kondisi prima.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2216 seconds (0.1#10.140)