Kasus Omicron Pertama di Indonesia, Bermutasi di Sini atau dari Luar Negeri?

Kamis, 16 Desember 2021 - 12:10 WIB
loading...
Kasus Omicron Pertama di Indonesia, Bermutasi di Sini atau dari Luar Negeri?
Seorang pekerja di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet berinisial N terkonfirmasi positif virus Omicron. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seorang pekerja di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet berinisial N terkonfirmasi positif virus Omicron . Saat ini kondisinya sehat tanpa gejala.

Temuan Omicron pertama di Indonesia disampaikan langsung Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (16/12/2021). Menurutnya, kasus ini diketahui dari pemeriksaan terhadap tiga pekerja pembersih di Wisma Atlet. Dari hasil tes diketahui, ketiganya positif Covid-19.

"Jadi ada tiga pekerja pembersih di RS Wisma Atlet yang terkonfirmasi positif PCR-nya. Satu dari tiga positif Omicron," kata Menkes.

Baca juga: BREAKING NEWS, Virus Omicron Ditemukan di Indonesia

Tes terhadap ketiga pekerja itu dilakukan sejak 8 Desember 2021. Hasilnya, diketahui pada 15 Desember 2021, yaitu pekerja berinisial N terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron."Ketiganya dikarantina di Wisma Atlet dan tanpa gejala," katanya.

Data hasil deteksi Kemenkes telah dikonfirmasi ke GISAID. Kemudian GISAID juga sudah mengonfirmasi bahwa data sequencing tersebut benar adalah Omicron.

Penemuan kasus Omicron pertama di Indonesia ini cukup mengejutkan. Sebab, pasien pertama yang terkena adalah pekerja kebersihan di Wisma Atlet. Muncul pertanyaan dari netizen, apakah virus Covid-19 bermutasi menjadi Omicron di Indonesia ataukah virus Omicron ini berasal dari luar negeri.

"Barusan liat berita Pemerintah baru mengumumkan kasus pertama Omicron, tapi yg kena petugas kebersihan wisma atlet, like whaat (?) ini virusnya bermutasi sendiri di Indonesia atau ada orang yg "membawa" dr LN tp ga terdeteksi atau emang sengaja diumpetin & mencari "kambing hitam"," tulis akun @inisiall_R_.

Baca juga: Omicron Masuk Indonesia, Menkes Budi Jelaskan Gejala Ini yang Dialami Pekerja Wisma Atlet

"Kasus pertama omicron di Indo, seorang pembersih di Wisma Atlet. Pihak selain petugas kesehatan yang sejak awal memang paling dekat dengan kemungkinan terpapar. Asumsinya, petugas tsbt terpapar dari warga yang karantina setelah melakukan perjalanan. Semoga lekas senbuh," tulis akun @mellikkaa.

"Berarti kasus 01 omicron nggak ketauan nih ya? Tiba-tiba Cleaner wisma atlet kena aja. Pasti Cleaner ada kontak sama pasien. Wawww itu orang 01 omicron bisa-bisa udah jalan-jalan & nyebarin ke yang lain dong," tulis akun @kayarayaaaaa
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)