Sekjen Perindo Dukung Presidential Threshold Nol Persen, Ini Alasannya

Jum'at, 11 September 2020 - 11:26 WIB
loading...
Sekjen Perindo Dukung Presidential Threshold Nol Persen, Ini Alasannya
Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekjen DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq menyatakan pihaknya mendukung langkah masyarakat termasuk ekonom senior Rizal Ramli yang mengajukan judicial review Presidential Threshold (PT) menjadi nol persen ke Mahkamah Kontitusi (MK) . Menurut Rofiq, langkah itu harus didukung dan diapresiasi.

"UUD 1945 menyebut calon presiden dan wakil diusulkan oleh parpol atau gabungan parpol. PT tidak disebut di UUD 1945," kata Rofiq saat dihubungi SINDOnews, Jumat (11/9/2020).

( )

Rofiq menyebut, bila PT nol persen, tidak menutup kemungkinan rakyat akan disuguhkan calon-calon pemimpin multialternatif dalam sisi kualitas dan kapabilitas. Sebaliknya, bila PT itu tetap diterapkan, tidak menutup kemungkinan sumber calon presiden hanya akan dimonopoli oleh partai-partai besar, dan yang lebih mengkhawatirkan adalah calon presiden akan dikuasai oleh kekuatan cukong yang hanya mementingkan kekuasaan.

( ).

"Kita harus kembali kepada makna demokrasi yang sesungguhnya bahwa demokrasi adalah milik rakyat dan rakyat adalah penentu dari semua keputusan," kata Rofiq.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)