Pernyataan Puan Soal Sumbar, Ketum IPPMI: Selesaikan dengan Dialog

Rabu, 09 September 2020 - 10:15 WIB
loading...
Pernyataan Puan Soal Sumbar, Ketum IPPMI: Selesaikan dengan Dialog
Pernyataan Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani tentang Pancasila dan Sumatera Barat (Sumbar) dinilai harus dimaknai sebagai otokritik. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pernyataan Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani tentang Pancasila dan Sumatera Barat (Sumbar) dinilai harus dimaknai sebagai otokritik sesama urang awak.

Terminologi urang awak dipakai, karena darah minang mengalir di tubuh Megawati dan Puan Maharani. (Baca juga: Pernyataan Puan Maharani soal Sumbar Merugikan Citranya Sendiri, Bisa Digoreng Jelang 2024)

Ketua Umum Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia (IPPMI) M Rafik Perkasa Alamsyah menjelaskan, Fatmawati, ibunda dari Megawati Sukarnoputri adalah anak Hasan Din dan Siti Chadijah yang merupakan keturunan Putri Indrapura, salah seorang keluarga raja dari Kesultanan Indrapura, Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

(Baca juga: Ahmad Basarah Ungkap Alam Pikir dan Spiritualitas Puan Maharani Nasionalisme Religius)

Darah Minang itu makin kental di tubuh Puan Maharani karena ayahnya Taufik Kiemas, juga berdarah Minang bahkan bergelar adat, Datuk Basa Batuah dari Kanagarian Sabu, Batipuh Ateh, Tanah Datar.

"Bundo Megawati dan Uni Puan bukanlah orang lain bagi masyarakat Minang, sehingga otokritik yang disampaikan diselesaikan sesuai dengan nilai-nilai kearifan budaya Minang," kata Rafik, Rabu (9/9/2020).

Menurut Rafik, unsur tungku tigo sajarangan, tali tigo sapilin beserta bundo kanduang di Sumatera Barat, selayaknya segera mengajak Puan berdialog. Sebab pernyataan Puan tentang Pancasila dan Sumatera Barat rawan dijadikan komoditas politik jelang pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Rafik pun mengimbau agar persoalan ini diselesaikan sesuai nilai-nilai kearifan masyarakat Minang. "Jika mereka menyimpulkan sesuatu yang berbeda dengan pandangan umum masyarakat Sumatera Barat, maka ajaran Islam yang dianut masyarakat Minang memerintahkan kita untuk ber-tabayun," ucap Rafik.

"Mari ajak dunsanak kita itu berdialog dalam biliak ketek dan begitu nilai-nilai adat Minang mengajarkan," imbuhnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)