alexametrics

Masuknya Dua Anak Amien di Kepengurusan 'Gembok' Wacana Pembentukan PAN Reformasi

loading...
Masuknya Dua Anak Amien di Kepengurusan Gembok Wacana Pembentukan PAN Reformasi
Ketua Umum DPP PAN terpilih, Zulkifli Hasan (Zulhas) telah mengumumkan kepengurusan yang baru. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Ketua Umum DPP PAN terpilih, Zulkifli Hasan (Zulhas) telah mengumumkan kepengurusan yang baru. Dari puluhan pengurus yang baru, tidak masuk nama Amien Rais dan rival Zulhas, Mulfachri Harahap. Namun begitu, Zulhas tetap memasukan dua putra Amien yakni Hanafi Rais dan Mumtaz Rais dalam kepengurusan baru tersebut.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai masuknya dua anak Amien untuk mencegah agar PAN tidak pecah. Mengingat, loyalis Amien di PAN cukup banyak, apalagi sempat ada wacana pembentukan PAN Reformasi yang diinisiasi Mulfachri yang didukung Amien. (Baca juga: Zulhas Umumkan Kepengurusan PAN 2020-2025, Tak Ada Nama Amien Rais dan Mulfachri)

"Sepertinya masuknya Hanafi dan Mumtaz di struktur DPP PAN menggembok rapat-rapat pintu membentuk PAN Reformasi," ujar Adi saat dihubungi SINDOnews, Kamis (26/3/2020).



Adi juga menganggap Hanafi dan Mumtaz adalah anak biologis plus ideologis Amien yang akan turut serta memperjuangkan PAN ke depan. Sehingga, ada atau tidaknya Amien di kepengurusan tetap saja PAN menjalankan nilai-dan ideologi yang dibuat Amien.

Bagi analis Politik asal UIN Jakarta ini, di internal PAN Amien sudah menjelma menjadi sebuah nilai dan idelologi yang diperjuangkan partai itu selama ini.

"Tinggal bagaimana Hanafi dan Mumtaz membangun ketokohannya yang bisa sehebat bahkan melampaui Pak Amien untuk diakui di internal dan ekstenal PAN," pungkasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak