SBY Minta Demokrat Dukung Langkah Pemerintah Tangani Corona

Minggu, 15 Maret 2020 - 13:10 WIB
SBY Minta Demokrat Dukung Langkah Pemerintah Tangani Corona
SBY Minta Demokrat Dukung Langkah Pemerintah Tangani Corona
A A A
JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengangkat isu virus Corona (Covid-19) dalam pidato terakhirnya sebagai Ketum. SBY juga meminta agar seluruh kader Demokrat mendukung langkah pemerintah pusat maupun daerah dalam penanganan Corona di Tanah Air.

“Memulai pidato ini, saya ingin mengangkat kata-kata bijak, yang sarat dengan nilai dan makna. Yang bisa menginspirasi langkah perjuangan kita ke depan. Sebagai manusia yang beriman, kita sering mendengar “manusia berencana, Allah yang menentukan”. Man proposes, God desposes. Artinya, manusia bisa berencana, bisa berikhtiar. Tetapi, pada akhirnya, Tuhan Yang Maha Kuasa-lah yang menentukan,” kata SBY mengawali pidatonya pada Kongres V Demokrat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (15/3/2020). (Baca juga: AHY Didukung 93% Pemilik Suara Demokrat, Kongres Dipastikan Aklamasi)

Namun, SBY melanjutkan, bukan berarti bahwa manusia tidak gigih dalam upaya dan perjuangan. Kehidupan yang diarungi banyak memberi pelajaran, dan untuk meraih sukses, harus berupaya sekuat tenaga, bekerja keras dan bersedia untuk berkorban. Orang bijak mengatakan bahwa masa depan itu ”negotiable”, dapat dikompromikan. Tapi dia yakin bahwa Allah SWT akan menghitung seberapa besar kerja keras dan pengorbanan yang dilakukan. “Tak ada jalan yang lunak untuk mencapai cita-cita besar. Kita bisa terantuk dan jatuh dalam perjuangan kita. Namun, kalau jatuh, segera bangun dan berjuang lagi. Tak ada kata menyerah,” ujarnya. (Baca juga: Cegah Corona, Peserta Kongres Partai Demokrat Wajib Lakukan Hal Ini)

Menurut SBY, hidup ini penuh dengan pasang dan surut, gagal dan sukses. Kalau kalah jangan patah. ”Sebaliknya, kalau menang tak perlu terbang, dan lupa daratan karena terkadang kita menang dan kadang kita belajar,” katanya.

SBY menyebut, Partai Demokrat pernah mengalami semua itu, menang dan kalah. Itu semua sekarang ini menjadi modal kekuatan perjuangan Demokrat. “Hari ini, di tempat ini, kita berkumpul untuk melanjutkan perjuangan ke depan. Hari ini, kita kembali menyatukan semangat, keyakinan, kebersamaan, pikiran cerdas dan kerja keras untuk menyongsong hari esok yang lebih cerah. Insya Allah “kita bisa”. Demokrat Bisa,” seru SBY.

Presiden RI ke-6 ini menuturkan sebenarnya Kongres Partai Demokrat ingin menyelenggarakan acara akbar bahkan, kader seluruh Indonesia juga sudah bersiap untuk menghadiri Kongres V di Jakarta. Hanya saja, karena situasi nasional dan juga internasional tidak memungkinkan itu karena adanya virus Corona dan Indonesia ternyata tidak kebal terhadap virus tersebut. “Negara kita, Indonesia pun tidak kebal dan mulai merasakan dampaknya,” ucap SBY.

Karena itu, lanjut SBY, dengan menjunjung tinggi semangat tenggang rasa dan juga empati, kongres ini diselenggarakan secara sederhana. Durasi waktu kongres juga dipersingkat. Protokol keamanan Corona yang ketat juga diberlakukan. Panitia harus memproteksi semua peserta kongres, agar terjaga keselamatannya.

Dalam kesempatan itu, SBY mengimbau agar Demokrat mendukung langkah pemerintah dalam penanganan Corona. “Partai Demokrat juga harus mendukung pemerintah, baik pusat maupun provinsi DKI Jakarta, dalam upaya melindungi warga negaranya dari ancaman virus korona,” pintanya.

SBY mengaku telah berkomunikasi secara langsung dengan Presiden Jokowi, Gubernur DKI Anies Baswedan dan pimpinan lembaga lainnya terkait penyelenggaraan kongres ini

“Saya pribadi sudah berkomunikasi langsung dengan Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan Terawan, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Gubernur DKI Jakarta Profesor Anies Baswedan, dan Ketua Satgas Penanggulangan Virus Korona Letnan Jenderal Doni Monardo, menyangkut hajat kita ini,” urai SBY.

“Kita tidak boleh lengah dan lalai dalam melawan ancaman korona ini. Indonesia harus serius, sigap dan melakukan langkah-langkah yang nyata. Pemerintah, masyarakat, kita semua, harus bersinergi dan bekerja sama. Saya yakin ini pulalah harapan rakyat kita,” imbaunya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9089 seconds (0.1#10.140)