Sumber Penularan Satu Pasien Baru Positif Corona Masih Misteri

Selasa, 10 Maret 2020 - 19:20 WIB
Sumber Penularan Satu Pasien Baru Positif Corona Masih Misteri
Sumber Penularan Satu Pasien Baru Positif Corona Masih Misteri
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengumumkan delapan pasien baru positif virus Corona. Di antara delapan pasien, terdapat satu orang yang diduga tertular corona dari sumber yang belum diketahui.

Pasien tersebut merupakan kasus nomor 27, berjenis kelamin laki-laki dan berusia 33 tahun.

“Kondisi stabil. Kami menduga local transmition. Sedang kami tracing. Karena bukan impor (bukan tertular di luar negeri-red) dan tidak jelas dari klaster lain. Sementara belum jelas. Mungkin nanti bisa kita menemukan,” katanya Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Selasa (10/3/2020).

Yuri mengatakan, pasien nomor 27 mengaku tidak berasal dari luar negeri. Kemudian belum dapat dipastikan apakah penyakit berasal dari temannya.

“Ini masih belum jelas siapa temannya. Tetapi tetap kita akan lakukan, nanti akan kita sebut siapa kira-kira orang-orang yang positif yang sudah ada ini, yang pernah akrab dengan dia atau pernah kontak dekat dengan dia. Saat ini kita masih memberikan tanda tanya lokal transmissionnya dari mana. Ini yang menjadi bagian pekerjaan kita untuk telusuri,” tuturnya. (Baca Juga: Kian Melonjak, Pasien Positif Corona Tembus 27 Orang)

Dia mengimbau masyarakat bahwa yaang sakit batuk, pilek dan sebagainya harus menggunakan masker. Tujuannya agar virus tidak tersebar saat batuk maupun bersin.

“(Virus-red) apa pun itu, entah itu COVID-19 atau yang lainnya tidak tersebar. Edukasi kita adalah kembali lagi pada pola hidup bersih sehat (PHBS). Ini saya minta menjadi sesuatu yang harus kita kedepankan dalam kaitan pengelolaan pencegahan penyakit COVID ini,” pungkasnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8046 seconds (0.1#10.140)