alexametrics

Modus Teroris Semakin Canggih, Indonesia-Jepang Jajaki Kerja Sama

loading...
Modus Teroris Semakin Canggih, Indonesia-Jepang Jajaki Kerja Sama
Menko Polhukam Mahfud MD dan Kepala BNPT Suhardi Alius bersama pejabat Badan Penanggulangan Terorisme Jepang. Foto/SINDOnews/Binti Mufarida
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan Indonesia akan menjajaki kerja sama pemberantasan terorisme serta deradikalisasi dengan pemerintah Jepang.

Hal itu diungkapkan Mahfud yang didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Suhardi Alius usai bertemu dengan Direktur Jenderal Penanggulangan Terorisme Jepang Shigenobu Fukumoto.

“Ya kerja sama pemberantasan terorisme dan deradikalisasi. Akan ada forum semacam tim bersama untuk secara rutin bicara terorisme dan pengamanan kawasan,” kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta (10/1/2020). (Baca juga: Dua Sandera Abu Sayyaf Jalani Pemulihan Trauma di Baubau)



Mahfud mengungkapkan Pemerintah Jepang juga khawatir dengan perkembangan terorisme yang semakin canggih.

Dia mengatakan, aksi terorisme sekarang telah melibatkan perempuan bahkan anak-anak. Bahkan, pendanaan terorisme pun semakin mudah melalui transaksi digital.

Menurut dia, Jepang merasa khawatir karena modus teroris semakin canggih. Pertama, melibatkan perempuan dan anak-anak. Kedua,transfer uangnya sudah melalui smartphone.

“Kalau dulu kan lewat bank lewat apa sekarang duit itu sudah sampai ke yang bersangkutan dan itu disamarkan karena dibagi. Misalnya di Indonesia yang terima ada sekian ratus orang dibagi-bagi lah kumpul di sini di anu lagi dioperasikan untuk membeli senjata untuk merakit senjata dan sebagainya,” tambah Mahfud.

Selain terorisme, Mahfud menyampaikan kerja sama dengan Jepang dilakukan di bidang kelautan. Selanjutnya akan diadakan semacam forum bersama yang rutin membahas tentang terorisme serta pengamanan kawasan. “Mungkin tahun 2020 ini akan segera dikonkretkan,” tutup Mahfud.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak