Wabah Corona, Belajar dari Rumah tapi Jangan Sampai Anak Ketergantungan HP

Selasa, 14 April 2020 - 22:48 WIB
loading...
Wabah Corona, Belajar dari Rumah tapi Jangan Sampai Anak Ketergantungan HP
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wabah virus Corona atau Covid-19 yang tengah melanda Indonesia, sehingga Pemerintah memutuskan agar para siswa belajar dari rumah dan bagi pekerja juga bekerja dari rumah.

Karenanya, bagi para orang tua, penting untuk memikirkan pola pendidikan di rumah. Jangan hanya digantungkan dengan ponsel, yang justru akan membuat akan ketergantungan HP nantinya.

Selain itu, perlu memilih smartphone dengan tepat. Bahkan, biasanya yang membuat smartphone itu awet adalah perawatannya yang baik. Mulai dari cara menggunakannya, menyimpannya hingga mengelola aplikasi dan file di dalamnya. Termasuk jika yang memiliki smartphone Huawei.

Psikolog Dr Seto Mulyadi mendorong para orang tua menerapkan cara kepada anak-anak. GEMBIRA yang dimaksud di sini adalah Gerak, Emosi cerdas, Makan dan minum sehat, Beribadah di rumah, Istirahat, Rukun dan Aktif berkarya.

Psikolog yang akrab disapa Kak Seto itu memaparkan, selama masa di rumah saja, masyarakat didorong untuk tetap bergerak, di antaranya berolahraga, melakukan pekerjaan rumah seperti menjaga kebersihan rumah.

"Selama masa karantina atau menjauhkan diri dari lingkungan sosial sementara, dia mengungkapkan manusia bisa emosi tetapi harus dilakukan dengan cerdas, khususnya kepada anak-anak," kata Seto, (Selasa 14/4/2020).

Pada kesempatan yang sama, Kak Seto juga mendorong masyarakat memanfaatkan kesempatan bersama keluarga menemukan kembali keharmonisan, komunikasi dan mempererat kebersamaan yang selama ini terlupakan.

"Ayah dan Bunda juga menjadi sahabat bagi anak, beralih menjadi guru yang menciptakan suasana belajar yang nyaman," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)