Tiba di DPR, Herindra Siap Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan Kepala BIN

Rabu, 16 Oktober 2024 - 11:53 WIB
loading...
Tiba di DPR, Herindra...
Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra tiba di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024) siang. FOTO/SINDOnews/ACHMAD AL FIQRI
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra tiba di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024) siang. Sedianya, kedatangan Herindra itu ingin mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai Kepala BIN.

Dari pantauan di lapangan, Herindra tiba di di Gedung Nusantara II sekitar pukul 10.53 WIB. Dengan kemeja putih dibalut jas bewarna biru dongker, ia berjalan dan menaiki eskalator Gedung Nusantara II DPR.

Terlihat pula sejumlah pimpinan DPR yang mendampingi Herindra seperti Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Cucun Syamsurizal, dan Saan Mustopa. Saat disinggung perihal kesiapan dalam hadapi uji kelayakan dan kepatutan, Herindra hanya mengacungi jempol seraya tersenyum kepada awak media.



Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala BIN. Ia berkata, terdapat calon tunggal Kepala BIN yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni M Herindra.

"Ya satu nama, Herindra yang dikirim oleh Presiden ke DPR," kata Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024).

Kendati demikian, Dasco mengatakan, pihaknya akan langsung hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala BIN dalam rapat paripurna yang digelar Kamis (17/10/2024). Setelahnya, kata Dasco, DPR RI akan langsung mengirim surat ke Presiden atas hasil fit and proper test tersebut.

"Besok kita akan paripurnakan dan berkirim surat ke Presiden. Kalau keburu mungkin, pelantikannya akan bersamaan dengan menteri kabinet pada tanggal 21 (Oktober)," katanya.


Dilantik Bersama Menteri Kabinet Pada 21 Oktober 2024

M Herindra rencanananya dilantik bersama Menteri Kabinet Presiden Terpilih 2024, Prabowo Subianto pada 21 Oktober 2024. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya akan melakukan fit and proper test kepada Herindra sebagai calon Kepala BIN. Bahkan, kata Dasco, pihaknya akan membawa hasil uji kelayakan ke dalam rapat paripurna yang digelar, Kamis (17/10/2024).

"Besok kita akan paripurnakan dan berkirim surat ke Presiden," kata Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini menilai, Herindra akan dilantik bersamaan dengan menteri kabinet pada 21 Oktober 2024.

"Kalau keburu mungkin, pelantikannya akan bersamaan dengan menteri kabinet pada tanggal 21 (Oktober)," katanya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)