5 Contoh Sambutan untuk Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Senin, 30 September 2024 - 20:26 WIB
loading...
A A A
Para pendiri bangsa telah merumuskan Pancasila dengan pemikiran mendalam, menjadikannya pedoman hidup yang abadi bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila tidak hanya menjadi falsafah negara, tetapi juga cerminan dari kehidupan sehari-hari masyarakat kita yang mengedepankan persatuan, keadilan sosial, serta ketuhanan yang maha esa. Namun, pada tahun 1965, PKI dengan kejamnya menculik para jenderal bangsa, mencoba memisahkan kita dari ideologi luhur ini. Tetapi, berkat rahmat Tuhan dan kekuatan dari seluruh rakyat Indonesia, upaya tersebut berhasil digagalkan.

Hadirin sekalian,

Pancasila harus tetap tegak berdiri. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah pengikat persatuan dan landasan kedaulatan kita sebagai bangsa yang merdeka. Pancasila bukan sekadar teks, tetapi fondasi bagi Indonesia yang kita cintai ini.

Untuk memastikan tragedi serupa tidak terulang, kita harus memperkuat diri dengan terus menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus bercermin dari sejarah dan berupaya memberikan yang terbaik bagi bangsa ini, dengan tujuan membangun generasi Indonesia yang tangguh, cerdas, dan berdaya saing tinggi. Dengan menjadikan Pancasila sebagai tumpuan dan pedoman, kita akan dapat menghadapi berbagai tantangan di masa depan, tetap bersatu dalam kebhinekaan, dan terus mengamalkan nilai-nilainya dari generasi ke generasi.

Hadirin yang saya hormati,

Gugurnya tujuh Pahlawan Revolusi mengingatkan kita betapa besar pengorbanan mereka dalam menjaga ideologi Pancasila. Kita harus memastikan bahwa Pancasila tetap menjadi jati diri bangsa yang tak tergoyahkan oleh ancaman atau ideologi apa pun. Meskipun kita berbeda suku, agama, ras, dan bahasa, selama kita berpegang teguh pada Pancasila, kita akan terus hidup berdampingan dengan damai dan harmonis. Pancasila adalah fondasi yang mempersatukan kita.

Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan. Mari kita doakan para Pahlawan Revolusi yang telah gugur, semoga Tuhan Yang Maha Esa mengampuni segala dosa mereka, menerima amal ibadah mereka, serta menempatkan mereka di tempat terbaik di sisi-Nya. Terima kasih atas perhatian Anda semua, dan semoga kita selalu diberkahi dalam menjaga dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Teks Sambutan 3


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi semua, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam kebajikan, Rahayu.

Pada kesempatan yang penuh makna ini, kita berkumpul bersama untuk memperingati salah satu hari bersejarah bangsa Indonesia, yakni Hari Kesaktian Pancasila. Hari ini menjadi pengingat bagi kita semua tentang betapa pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)