Mengenal Angkie Yudistia, Difabel Cantik yang Jadi Staf Khusus Jokowi

Kamis, 21 November 2019 - 19:28 WIB
Mengenal Angkie Yudistia, Difabel Cantik yang Jadi Staf Khusus Jokowi
Mengenal Angkie Yudistia, Difabel Cantik yang Jadi Staf Khusus Jokowi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengangkat 14 staf khusus untuk membantunya menjalankan tugasnya sebagai kepala negara.

Dari 14 stafsus, tujuh di antaranya adakah sosok muda, kreatif dan inovatif. Salah satunya Angkie Yudistia. Siapakah dia?

Angkie adalah seorang penyandang disabilitas yang memiliki masalah dengan pendengaran atau tunarungu. (Baca Juga: Jokowi Perkenalkan Tujuh Staf Khusu Generasi Milenial)

Perempuan berparas cantik dan berhijab ini adalah pendiri Thisable Enterprise atau pusat pemberdayaan ekonomi kreatif untuk kalangan disabilitas karena didorong pengalamannya.

Meski lulusan S2, Angkie seringkali ditolak perusahan karena permasalahan pendengaran. Pengalaman itu mendorongnya mendirikan Thisable Enterprise dengan misi untuk memberdayakan penyandang disabilitas Indonesia masuk ke dunia kerja.

Dia menginginkan agar kaum disabilitas dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Kesulitan yang dihadapi Angkie ketika mendirikan Thisable Enterprise adalah membangun kesadaran masyarakat.

Para difabel yang tergabung dalam Thisable Enterprise diberi pelatihan oleh tim. Nantinya akan ada penilaian untuk disabilitas tipe vocasional dan profesional. Setelah menjalani pelatihan dan penilaian, disabilitas mendapat pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya.

Untuk disabilitas tipe vocasional dapat bekerja dengan perusahaan jasa online. Sedangkan untuk tipe profesional dapat bekerja di bidang perbankan. Thisable Enterprise telah bekerja sama dengan GoLife (sister company GoJek) untuk penempatan tenaga kerja tunanetra di GoMassage, tunarungu di Goauto dan Go-Clean. Untuk pekerja profesional, tunadaksa dan tunanetra ditempatkan di beberapa perusahaan seperti CIMB Niaga, Rabobank, dan PGN MAS.

Thisable Enterprise yang didirikannya mampu mengurangi angka pengangguran terutama disabilitas di Indonesia. Menurutnya butuh waktu yang lama untuk mewujudkan mimpinya. Semua butuh proses dan pasti ada jalan keluarnya.

"Angkie adalah anak muda penyandang disabilitas yang aktif bergerak di sociopreneur melalui Disable Enterprise antif sebagai anggota Asia Pacific Deaf Person, anggota Internasional Federatition, " kata Jokowi saat memperkenalkan para staf khusus barunya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Tidak hanya dipercaya sebagai staf khusus, Angkie juga ditunjuk menjadi salah satu juru bicara Presiden. "Saya minta Angkie menjadi jubir presiden bidang sosial," ujar Jokowi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3877 seconds (0.1#10.140)