Sejumlah Daerah Mulai Merasakan Program dari Kemendes PDTT

Jum'at, 01 November 2019 - 14:25 WIB
Sejumlah Daerah Mulai Merasakan Program dari Kemendes PDTT
Sejumlah Daerah Mulai Merasakan Program dari Kemendes PDTT
A A A
JAKARTA - Program-program yang dijalankan Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PDT), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mulai dirasakan di sejumlah daerah, salah satunya di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Dengan adanya program bantuan dari pemerintah pusat, potensi di Bondowoso bisa digali. Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir saat kunjungan kerja pimpinan DPRD Kabupaten Bondowoso ke kantor Ditjen PDT menyampaikan terima kasih.

Kunjungan kerja pimpinan DPRD Kabupaten Bondowoso ke kantor Ditjen PDT diterima
Sekretaris Ditjen PDT Razali. Dalam kunjungan tersebut, rombongan DPRD Kabupaten Bondowoso memberikan gambaran atas pelaksanaan pembangunan di daerah.

Kemudian gambaran atas pelaksanaan program Dana Desa, gambaran atas dampak program percepatan pembangunan daerah tertinggal yang telah dirasakan, serta invetarisir kendala dalam percepatan pembangunan di daerah.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut, rombongan DPRD Kabupaten Bondowoso menyampaikan kebutuhan masyarakat sebagai masukan dalam perumusan dan pengambilan kebijakan di tingkat Kementerian Desa, PDTT terutama melalui Ditjen PDT.

Ahmad Dhafir menyampaikan gambaran akan geografis serta keunggulan yang dimiliki Kabupaten Bondowoso. Bondowoso, Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini merupakan satu-satunya kabupaten yang tidak memiliki wilayah laut (terkurung daratan).

Produk unggulan di Bondowoso, yaitu Jagung, Padi, Tebu, Kopi dan Tembakau. Ahmad Dhafir berpandangan sektor insfrastruktur dan aspek masyarakat tani/kebun menjadi salah satu fokus prioritas pembangunan di kabupaten ini.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas terkait intervensi bantuan yang telah diberikan Ditjen PDT selama 5 tahun terakhir kepada Kabupaten Bondowoso. "DPRD Kabupaten Bondowoso berterima kasih dan mengapresiasi program dan kegiatan Kementerian Desa PDTT terutama Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal terkait intervensi tersebut," kata Ahmad Dhafir.

Sekretaris Ditjen PDT Razali menjelaskan ada beberapa intervensi yang dilakukan Ditjen PDT kepada Kabupaten Bondowoso selama kurun waktu 5 tahun ini. Dalam bidang pengembangan ekonomi lokal, Ditjen PDT memberikan intervensi berupa pengolahan pascapanen kopi, bantuan hand traktor dan bantuan alat/mesin dan pelatihan pengelolahan komoditas unggulan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5483 seconds (0.1#10.140)