Parpol Tak Siap dengan Kadernya, Dinilai Salah Satu Penyebab Banyaknya Calon Tunggal

Minggu, 08 September 2024 - 18:18 WIB
loading...
Parpol Tak Siap dengan...
Perludem menyayangkan banyaknya calon tunggal di Pilkada 2024 ini. Diketahui, calon kepala daerah yang akan melawan kotak kosong sebanyak 41 lokasi. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyayangkan banyaknya calon tunggal di Pilkada 2024 ini. Diketahui, calon kepala daerah yang akan melawan kotak kosong sebanyak 41 lokasi.

Direktur Eksekutif Perludem, Khoirunnisa Nur Agustyati menyebutkan beberapa faktor yang menyebabkan banyaknya calon tunggal. Satu di antaranya partai politik (Parpol) yang kurang dalam pengkaderan.

"Parpolnya enggak siap dengan kadernya, sehingga walaupun sudah dikasih kesempatan oleh MK syaratnya kan jadi sangat jauh lebih mudah, tetapi itu tidak dimanfaatkan oleh parpol," kata wanita yang akrab disapa Ninis dalam sebuah diskusi daring, Minggu (8/9/2024).

Selain itu, Ninis melanjutkan, dekatnya waktu penyelenggaraan pemilu dengan pilkada juga menjadi salah satu penyebab banyaknya cakada melawan kotak kosong. Hal itu menurutnya, adanya tarik-menarik koalisi.



"Dekatnya jarak antara pemilu dan pilkada yang menyebabkan tarik-menarik koalisinya jadi cukup dinamis, sehingga partai-partai tetap lebih memilih untuk berada di Koalisi yang besar," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memperpanjang masa pendaftaran bakal calon kepala daerah pada 2-4 September 2024. Perpanjangan pendaftaran dilakukan di wilayah yang terdapat paslon tunggal melawan kotak kosong.

Setelah perpanjangan pendaftaran, kini ada 41 wilayah dengan paslon tunggal melawan kotak kosong di Pilkada 2024.

KPU awalnya mencatat ada 43 wilayah. Wilayah yang kini bertambah paslonnya yakni Kabupaten Puhowato dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Kini Kabupaten Puhowato, Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, yang awalnya di 27-29 Agustus 2024 hanya ada satu pasangan calon, kini sudah dua pasangan calon," kata anggota KPU Idham Holik saat dikonfirmasi, Kamis (5/9/2024).
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)