Soroti Banyak Calon Tunggal di Pilkada 2024, Perludem: Enggak Ideal

Minggu, 08 September 2024 - 13:20 WIB
loading...
Soroti Banyak Calon...
Puluhan calon kepala daerah (cakada) akan melawan kotak kosong di Pilkada 2024. Jumlah tersebut terdiri dari pemilihan tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Puluhan calon kepala daerah (cakada) akan melawan kotak kosong di Pilkada 2024 . Jumlah tersebut terdiri dari pemilihan tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Direktur Eksekutif Perludem, Khoirunnisa Nur Agustyati menyatakan, calon tunggal dalam pilkada merupakan kompetisi yang tidak ideal. Pasalnya, pilkada seharusnya kompetisinya orang dengan orang, bukan dengan kotak kosong.

"Kita tahu yang namanya calon tunggal kan pasti enggak ideal, calonnya cuma satu tidak ada kompetisinya," kata wanita yang akrab disapa Ninis dalam sebuah diskusi daring, Minggu (8/9/2024).

"Yang namanya pemilu itu ya kompetisinya antar orang, bukan antar kotak kosong," sambungnya.



Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memperpanjang masa pendaftaran bakal calon kepala daerah pada 2-4 September 2024. Perpanjangan pendaftaran dilakukan di wilayah yang terdapat paslon tunggal melawan kotak kosong.

Setelah perpanjangan pendaftaran, kini ada 41 wilayah dengan paslon tunggal melawan kotak kosong di Pilkada 2024.

KPU awalnya mencatat ada 43 wilayah. Wilayah yang kini bertambah paslonnya yakni Kabupaten Puhowato dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Kini Kabupaten Puhowato, Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, yang awalnya di 27-29 Agustus 2024 hanya ada satu pasangan calon, kini sudah dua pasangan calon," kata anggota KPU Idham Holik saat dikonfirmasi, Kamis (5/9/2024).
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)