MPR - Presiden Sepakat Pelantikan Digelar Sederhana

Rabu, 16 Oktober 2019 - 13:42 WIB
MPR - Presiden Sepakat Pelantikan Digelar Sederhana
MPR - Presiden Sepakat Pelantikan Digelar Sederhana
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Pimpinan MPR di Istana Merdeka. Baik Presiden maupun Pimpinan MPR sepakat pelantikan mendatang digelar secara sederhana tapi khidmat.

“Penyelenggaraan upacara dan perayaan di dalam pelantikan dilakukan sederhana saja. Tanpa mengurangi kekhidmatan dan keagungan dari acara itu. Saya rasa itu tadi yang disampaikan,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (16/10/2019).

Selain itu kedatangan pimpinan MPR tersebut untuk menyampaikan undangan pelantikan pada 20 Oktober mendatang.

“Yang pertama tadi saya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pimpinan MPR periode 2019-2024. Yang kedua tadi bapak ketua MPR, pimpinan MPR menyampaikan undangan untuk pelantikan tanggal 20 Oktober yang akan datang,” ungkapnya.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan negara-negara tetangga pun dipastikan hadir dalam acara pelantikan tersebut. Dia menyebut seluruh negara ASEAN sudah dikonfirmasi akan hadir.

“Termasuk Perdana Menteri Australia juga hadir. Mudah-mudahan kepala-kepala negara, kepala pemerintahan, utusan khusus seluruh negara-negara maju. China mengutus wakil perdana menteri. Beberapa negara konfirmasi tapi untuk pastinya silakan cek ke menteri luar negeri,” tuturnya.

Dia mengatakan pengamanan akan dilakukan secara ketat. Hal ini sesuai dengan protap yang dimiliki pihak keamanan baik TNI dan Polri.

“Pengamanan tamu-tamu negara kita dijamin begitu menginjakkan kaki di Tanah Air kita dan kembali ke negara mereka dengan selamat,” tuturnya.

Wakil Ketua MPR dari DPD Fadel Muhammad mengatakan persiapan pelantikan sejauh ini berjalan dengan lancar. Dia berharap pada 20 Oktober mendatang tidak akan ada gangguan apapun. “Persiapannya sudah berjalan lancar. Teman-teman dari DPD sudah siap. Dari daerah datang,” ungkapnya.

Fadel menyebut pada pelantikan kali ini tidak akan membawa pasangan. Hal ini agar tidak ada kesesakan di ruang pelantikan.

“Yang menarik dari acara ini nampaknya kita pun tidak akan bawa istri-istri. Karena mungkin menjaga agar tidak sesak di ruangan, menghindari ada sesuatu yang kurang bagus dalam pelaksanaannya. Memang persiapannya luar biasa dan mudah-mudahaan berjalan dengan baik semuanya,” paparnya.

Dia menyebut hari ini akan dilakukan finalisasi acara pelantikan. Mulai dari jam acara, agenda acara sampai kemungkinan penyampaian pidato. “Ketiga mungkin materi yang disampaikan oleh beliau sesudah pelantikan. Singkat saja,” katanya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6346 seconds (0.1#10.140)