5 Menteri Jokowi Berpeluang Masuk Kabinet Prabowo Subianto, Siapa Saja?

Senin, 02 September 2024 - 14:35 WIB
loading...
5 Menteri Jokowi Berpeluang...
Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam sebuah kesempatan. Prabowo akan memboyong sebagian menteri Presiden Jokowi ke kabinetnya. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Sejumlah menteri era Presiden Jokowi berpeluang masuk kabinet Prabowo Subianto . Sebagai presiden terpilih 2024-2029, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu dijadwalkan dilantik bersama Wakil Presiden (Wapres) Teripilih Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024.

Kabar mengenai Prabowo akan memboyong sebagian menteri saat ini masuk ke kabinetnya diungkap pada Rapimnas Partai Gerindra, beberapa waktu lalu. Dia mengaku sangat percaya dengan menteri-menteri yang bekerja bersamanya di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pak (Jokowi) maaf Pak, karena Bapak milih orang-orang hebat, maka sebagian dari mereka kabinet saya nanti ini," kata Prabowo di Rapimnas Partai Gerindra di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024).



Menanggapi pernyataan Prabowo tersebut, berbagai spekulasi bermunculan. Berikut ini beberapa nama menteri Jokowi yang santer dikabarkan bakal masuk kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. Lima nama ini merupakan menteri yang bukan berasal dari partai politik dan memiliki kinerja baik.

Menteri Jokowi Berpeluang Masuk Kabinet Prabowo Subianto

1. Basuki Hadimuljono

Basuki Hadimuljono adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di pemerintahan Presiden Jokowi. Ia menjadi salah satu nama paling lama di kabinet karena telah bergabung sejak 2014 lalu.

Mengingat janji Prabowo soal keberlanjutan program-program Jokowi, nama Basuki Hadimuljono berpeluang mengisi kursi menteri pemerintahan baru dari Prabowo-Gibran, baik dalam jabatan sebagai Menteri PUPR atau posisi lainnnya. Terlebih, Basuki sendiri saat ini menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN.

2. Bahlil Lahadalia

Bahlil Lahadalia dikenal sebagai salah satu nama yang dekat dengan Prabowo Subianto. Melihat ke belakang, dia juga sangat aktif berkampanye mendukung pasangan Prabowo-Gibran pada kontestasi Pilpres 2024 lalu.

Belum lama ini, Bahlil dirotasi Jokowi menjadi Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif. Sebelum itu, dia telah berada di pemerintahan sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Selain beberapa faktor tersebut, Bahlil saat ini juga menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar. Hal tersebut semakin memperkuat indikasi bahwa nantinya dia akan masuk kabinet Prabowo-Gibran.

3. Erick Thohir

Berikutnya ada Erick Thohir. Pada jajaran menteri era pemerintahan Presiden Jokowi, namanya menjadi salah satu yang paling populer.

Pada tugasnya di Kabinet Indonesia Maju, Erick Thohir menjadi Menteri BUMN. Ia mulai menjabat sejak 2019.

Menanggapi namanya yang sering disebut masuk Kabinet Prabowo-Gibran, Erick Thohir dalam sebuah kesempatan menegaskan akan fokus menyelesaikan tugas sekarang. Menteri BUMN yang merangkap Ketua Umum PSSI itu ingin mengejar target penyelesaian di akhir masa pemerintahan.

4. Retno Marsudi

Srikandi diplomasi Indonesia, Retno Marsudi juga sering muncul dalam bursa menteri kabinet Prabowo-Gibran. Selama ini, dia telah berada di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Luar Negeri.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)