Penanganan Bencana, Pemerintah Sediakan Dana Siap Pakai Rp4,84 T

Selasa, 08 Oktober 2019 - 19:14 WIB
Penanganan Bencana, Pemerintah Sediakan Dana Siap Pakai Rp4,84 T
Penanganan Bencana, Pemerintah Sediakan Dana Siap Pakai Rp4,84 T
A A A
JAKARTA - Pemerintah menyediakan dana siap pakai untuk bencana tahun ini sebesar Rp4,84 triliun. Dana ini disiapkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Sampai hari ini sudah kita siapkan melalui BNPB dana siap pakai atau oncall untuk BNPB tahun 2019 sampai hari ini Rp4,84 triliun," kata Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo di Kantor Presiden, Selasa (8/10/2019).

Dia mengatakan, dana siap pakai tersebut sebelumnya sudah digunakan untuk penanganan bencana. Diantaranya untuk penanganan kebakaran lahan dan hutan (karhutla).

"Termasuk antara lain yang cukup besar karhutla. Dan juga untuk yang huntara untuk Maluku Utara untuk Ambon. Sehingga kita cukup dan sisa dana BA-BUN (bagian anggaran bendahara umum negara) kita juga optimalkan supaya kita bisa membantu masyarakat yang sedang mendapatkan penderitaan ini kita harus bantu betul," paparnya.

Tidak hanya itu, Mardiasmo juga mengatakan masih ada anggaran lainnya yang dikucurkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) untuk bencana.

"Kami juga dengan Menteri PUPR dana juga masih ada sekitar Rp474,4 miliar yang siap kita bantu di PUPPR. Dana saya kira relatif saya laporkan kepada Bapak Presiden sudah cukup dan kita akan support," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6508 seconds (0.1#10.140)