Gerindra Siapkan Sejumlah Nama untuk Calon Menteri

Selasa, 08 Oktober 2019 - 13:21 WIB
Gerindra Siapkan Sejumlah Nama untuk Calon Menteri
Gerindra Siapkan Sejumlah Nama untuk Calon Menteri
A A A
JAKARTA - Partai Gerindra mengakui bahwa ada komunikasi yang cukup intens dengan pemerintah dalam rangka rekonsiliasi pascapilpres, hingga hari ini. Gerindra juga menyampaikan sejumlah konsep kepada pemerintah terkait ketahanan pangan, energi dan keamanan yang jika diterima oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) maka pihaknya telah menyiapkan sejumlah nama untuk menjalankan konsep tersebut dalam berbagai pos kementerian/lembaga terkait.

“Yang pertama bisa saya klarifikasi, bahwa memang ada komunikasi antara pihak pemerintah dan partai Gerindra pas waktu rekonsiliasi dan pasca rekonsiliasi. Dan sudah berulang kali kami sampaikan Gerindra itu lebih mengedepankan lebih memberikan konsep-konsep tentang ketahanan pangan ketahanan keamanan dan ketahanan energi kepada pemerintah yang mana kalau diterima kan kita baru tau bidang-bidang apa yang menjadi prioritas dan setelah bidang-bidang itu disetujui dari konsep yang mana baru nanti kita bicara orang,” kata Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Karena itu, lanjut Dasco, pihaknya membantah bahwa sudah ada pembicaraan dengan pemerintah terkait dengan orang-orang untuk menempati pos kementerian yang didasarkan pada konsep tersebut dan belum berbicara soal orang atau posisi tertentu. Pihak Gerindra sendiri masih mengkomunikasikan soal konsep-konsep tersebut kepada pemerintah serta memastikan bahwa konsep tersebut bisa terealisasi.

“Ya kalau kita bicara konsep ketahanan pangan, misalnya kan itu mencakup kementerian dan bidang, kita coba lihat apakah konsepnya diterima semua atau cuma sebagian sehingga kita bisa timbang, apakah konsep itu bisa jalan atau enggak,” ucapnya.

Menurut Wakil Ketua DPR itu, Gerindra khawatir jika hanya memberikan konsep tetapi kemudian pelaksanaannya tidak terealisasi dengan baik, tentu apa yang Gerindra jabarkan dan janjikan dalam konsep tersebut tidak terealisasi. Meskipun, mungkin saja Ketum Gerindra Prabowo Subianto sudah menyiapkan orang-orangnya.

“Mungkin (calon menteri) sudah, tapi saya nggak tau persis orang-orangnya. Tapi kalau konsepnya diterima mungkin sudah,” ucapnya.

Namun demikian, lanjut dia, jika konsep Gerindra diterima maka, mungkin saja pos kementerian yang terkait dengan konsep itu akan diberikan kepada Gerindra. Yang pasti, Gerindra tidak pernah meminta posisi tertentu kepada Jokowi.

“Ya kalau diterima ya mungkin pos itu yang diberikan. Kan kami juga nggak bisa juga, kan ini hak prerogatif Presiden kami juga kan nggak bisa kemudian minta-minta “pak, harus Gerindra, itu harus Gerindra” kan nggak bisa. Itu kalau kita konsepnya diterima,” tegas Dasco.

Lebih dari itu, soal Gerindra masuk pemerintaham atau tidak, Dasco menjelaskan bahwa pembicaraan tersebut akan diputuskan dalam rapat kerja nasional (Rakernas) Gerindra yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

“Tetapi, liat dulu tentang konsep yang kita tawarkan baru itu yang kemudian kita bahas di rakernas yang akan dijalankan mungkin dalam waktu yang tidak lama lagi,” tandasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5034 seconds (0.1#10.140)