alexametrics

Soal Karhutla, DPR Minta Tak Usah Saling Menyalahkan

loading...
Soal Karhutla, DPR Minta Tak Usah Saling Menyalahkan
Ketua Komisi IV DPR, Edhy Prabowo menyarankan semua pihak tidak saling mencari kesalahan dalam masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Ketua Komisi IV DPR, Edhy Prabowo menyarankan semua pihak tidak saling mencari kesalahan dalam masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia. Menurut dia, masalah Karhutla bisa teratasi dengan baik jika sedari awal diantisipasi.

"Kita enggak usah cari kesalahan, yang paling penting sekarang sudah terjadi masif saya dengar di Riau," ujar Edhy Prabowo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Politikus Partai Gerindra ini pun mendengar titik api di Riau semakin bertambah. "Waktu itu dua minggu lalu titik api belum sampai di hari yang sama dengan kejadian belum sebesar 2015," jelasnya.



Namun, kata dia, saat ini jutaan orang Riau sudah terdampak dari Karhutla. Dia melanjutkan, jarak pandang di Kalimantan Barat bahkan kurang dari satu kilometer.

"Banyak pesawat yang tak bisa turun, ini jadi PR (pekerjaan rumah-red) kita semua," katanya.

Dia menambahkan mengelola hutan itu ada tiga hal yakni pemanfaatan, pencegahan dan pengawasan. "Tapi intinya dalam pencegahan, pencegahan domainnya bukan Kementerian Kehutanan," imbuhnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak