Putusan MK soal Syarat Calon Kepala Daerah, PDIP: Kemenangan untuk Rakyat

Selasa, 20 Agustus 2024 - 21:49 WIB
loading...
Putusan MK soal Syarat...
Juru Bicara PDIP Chico Hakim saat hadir dalam acara Rakyat Bersuara di iNews, Selasa (20/8/2024). Foto/iNews
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merasa bersyukur atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengubah ambang batas syarat pencalonan kepala daerah. Juru Bicara PDIP Chico Hakim meyakini, putusan MK tersebut akan langsung berlaku di Pilkada 2024.

"Alhamdulillah ya kita bersyukur. Artinya putusan MK itu mengikat dan harus dilaksanakan," ujar Chico saat hadir dalam acara Rakyat Bersuara di iNews, Selasa (20/8/2024).

Chico mengatakan, putusan MK ini merupakan wujud dari kemenangan demokrasi sekaligus menjadi semangat baru bagi kader-kader PDIP di daerah. "Sebenarnya ini kan kemenangan untuk demokrasi, kemenangan untuk rakyat, dan khususnya bagi PDI Perjuangan ini menambahkan semangat baru bukan hanya untuk Jakarta jadi untuk seluruh Indonesia," ungkapnya.





Dengan adanya putusan MK ini, kata Chico, kini PDIP bisa mengusung calon sendiri di Pilkada 2024. Apalagi, terdapat banyak kader yang sudah sangat siap untuk maju sebagai calon kepala daerah.

"Partai kader kita ini banyak sekali yang sangat siap. Banyak kader kita yang kemarin pingin maju, pantas maju, dan diinginkan oleh rakyat maju tapi terhalang oleh threshold ini, insya Allah dalam waktu dekat akan banyak perubahan," katanya.

Chico mengatakan, dengan banyak kader PDIP yang akan maju di Pilkada 2024, akan menjadi alternatif bagi masyarakat dalam memilih calon pemimpin. Menurutnya, hal itu merupakan wujud nyata dari demokrasi.

"Demokrasi itu kan hakikatnya adalah alternatif pilihan, harus ada pilihan-pilihan. Semakin banyak pilihan itu dan pilihan itu memang yang diharapkan oleh masyarakat ini akan lebih baik buat demokrasi kita dan buat rakyat di daerah tersebut," jelasnya.

"Karena kan aspirasi ini berbeda-beda, jadi salurannya enggak mungkin bisa di full di satu calon. Ini yang kita lihat kalau khusus di Jakarta," tandasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4869 seconds (0.1#10.140)