2 Bulan, Dua Dirjen di Kementerian Kominfo Mundur, Ada Apa?

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 18:02 WIB
loading...
2 Bulan, Dua Dirjen...
Dalam hitungan 2 bulan, Juli dan Agustus 2024, dua dirjen di Kementerian Kominfo mengundurkan diri. Keduanya yakni Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong dan Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam hitungan 2 bulan, Juli dan Agustus 2024, dua dirjen di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengundurkan diri. Ada apa di kementerian yang dipimpin Menkominfo Budi Arie Setiadi ?

Terbaru, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong mengundurkan diri pada Rabu (14/8/2024). Sebelumnya, Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mundur, Kamis (4/7/2024).



Saat ditanya alasan Usman Kansong mundur dari jabatannya setelah 3 tahun menjabat, dia menyatakan butuh penyegaran buat dirinya maupun organisasi.

“Saya sudah bicarakan dengan sekjen dan wamen. Sebelumnya juga dengan pak menteri. Jadi ada dalam diri saya yang mungkin malu kalau dijelasin di sini,” ujar Usman di Kantor Kominfo, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Setelah tak mengabdi di pemerintahan, dia akan tetap mengabdi di luar pemerintahan. Keputusan dirinya mundur juga keinginan sendiri dan tanpa tekanan luar.

Sementara, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mundur setelah insiden Data Nasional Sementara (PDNS) 2 dibobol peretas.

PDNS 2 dibobol kelompok peretas Brain Chiper dengan mengunci dari dalam data menggunakan ransomware LockBit 3.0. Semuel yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut merasa dirinya harus mengundurkan diri karena tidak menjalankan amanat dengan baik.

"Setiap masa ada waktunya. Tidak terasa sudah 8 tahun sejak pertama kali saya bertemu dengan teman-teman saat dilantik. Saya masih ingat pada headline-nya, "The Magnificent 7," ada tujuh arahan Eselon 1 waktu itu. Karena semua ada waktunya, inilah waktu saya untuk berpisah," kata Semuel di kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

Pengunduran diri Semuel sudah disampaikan secara lisan sejak awal Juli dan telah mengirimkan surat resmi kepada Menkominfo Budi Arie.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)